Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Wakil Ketua Komisi III DPR : Menyetujui Pemilu 2024 Di Gelar Tanggal 21 Februari 2024

Berita 24 Indonesia - Wakil ketua komisi II DPR RI Junimart Girsang menyetujui bahwa jadwal pemungutan suara pemilu 2024 dilaksanakan pada ...



Berita 24 Indonesia
- Wakil ketua komisi II DPR RI Junimart Girsang menyetujui bahwa jadwal pemungutan suara pemilu 2024 dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2024 sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

" Sangat setuju Pemilu dilaksanakan pemilu dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2024. Karena terkait usulan itu, KPU RI juga sudah melakukan simulasi tahapan di komisi II DPR RI " Kata Junimart tertulis dalam rilis parlementaria.

Lanjut Junimart berharap pelaksanaan pemilu 2024 ini dapat berjalan sesuai dengan ketentuan UU No.7/2017 tentang pemilu yang mengamanatkan bahwa hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara pemilu ditetapkan oleh KPU.

Kemudian Junimart menilai kurang tepat usulan dari pemerintah terkait pelaksanaan pemungutan suara pemilu 2024 yang digelar pada tanggal 15 Mei. Karena berbenturan dengan bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Maret-April 2024.

" Terkait usulan pemerintah yang meminta pemilu dilakukan tanggal 15 Mei 2024, terpaksa kita tolak, karena berbenturan langsung dengan bulan suci Ramadhan yang jatuh pada bulan Maret " Ujarnya.

Terkait usulan pemerintah tersebut, dikhawtirkan akan menyebabkan penyelenggara pencoblosan Pilkada serantak 2024 sangat sulit dilakukan dengan tenggang waktu yang sangat sempit.

Hal itu karena perintah UU No.10/2016 tentang Pilkada yang telah ditetapkan penyelenggaraannya pada tanggal 27 November 2024.

" Kita hitung-hitung kalau bulan Mei itu pencoblosan Pileg dan Pilpres, maka tidak akan bisa mengejar Pilkada bulan November. Karena kalau Mei dilakukan pemilu, lalu terjadi dua putaran, bagaimana urusan sengketa yang akan selesai bulan Agustus-September untuk pemilu, Sementara pilkada sudah ditentukan UU dilakukan pada tangga 27 November 2024 " Pungkasnya.


(Sumber : Parlementaria)



Reponsive Ads