Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Joe Biden dan Xi Jinping Setuju untuk Mematuhi Perjanjian Taiwan

Berita 24 Indonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Selasa , (05/10) mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Ch...


Berita 24 Indonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden pada hari Selasa, (05/10) mengatakan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping tentang Taiwan dan mereka setuju untuk mematuhi perjanjian Taiwan karena ketegangan antara Taipei dan Beijing meningkat.

 

Saya sudah berbicara dengan Xi tentang Taiwan. Kami setuju akan mematuhi perjanjian Taiwan. Kami menjelaskan bahwa saya tidak berpikir dia harus melakukan apa pun selain mematuhi perjanjian.” Kata Joe Biden.

 

Biden tampaknya merujuk pada kebijakan lama Washington’ yang mengatakan ia lebih mengakui Beijing daripada Taipei. Undang-Undang Hubungan Taiwan memperjelas bahwa keputusan AS untuk membangun hubungan diplomatik dengan Beijing dibanding Taiwan.

 

Awalnya ketegangan terjadi karena China mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri. Namun Taiwan membantah dengan mengatakan bahwa mereka adalah negara merdeka dan akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya.

 

Taiwan telah melaporkan 148 pesawat angkatan udara China memasuki zona pertahanan udaranya selama beberapa hari terakhir yang dimulai pada hari Jumat, yang kemudian didesak oleh AS agar China untuk menghentikan kegiatan militernya di dekat Taiwan.

 

Amerika Serikat sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif China di dekat Taiwan, yang mengganggu stabilitas, berisiko salah perhitungan, dan merusak perdamaian dan stabilitas regional, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah pernyataan.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Hubungan Diplomatik, Hubungan Bilateral, Konflik China vs Taiwan.

Reponsive Ads