Mobile Menu

navigasi

More News

Taro Kono Siap Jadi Bakal Calon Perdana Menteri Jepang Selanjutnya

15.05

Berita 24 Indonesia - Koordinator dan menteri vaksinasi Jepang, Taro Kono (58) akan mengumumkan pencalonannya pada Jumat, (10/9) sebagai pemimpin partai politik dan menjadi perdana menteri berikutnya.

 

Keputusan Kono untuk bersedia mencalonkan menjadi pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) karena pengumuman Perdana Menteri Yoshihide Suga minggu lalu bahwa ia akan mundur dari pencalonan. Hal ini membuat jumlah kandidat menjadi tiga.

 

Kono tampaknya memiliki keunggulan dibanding calon lainnya, mantan menteri luar negeri Fumio Kishida dan mantan menteri dalam negeri Sanae Takaichi dalam pemilihan menjadi Perdana Menteri.

 

Hampir sepertiga responden dalam survei yang dilakukan oleh media domestik utama pekan lalu mengatakan Kono adalah yang paling cocok untuk menggantikan Suga.

 

Kishida cukup populer dan dapat mengandalkan dukungan dari faksi partainya, sementara Takaichi memiliki pendukung di sisi konservatif termasuk mantan perdana menteri Shinzo Abe.

 

Yang terakhir belum pasti, apakah mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba juga akan mengumumkan dirinya menjadi calon perdana menteri atau mendukung Kono dari belakang.

 

Beberapa anggota LDP merasa Kono masih terlalu muda, mengingat usia rata-rata perdana menteri untuk menjabat sekitar 62 tahun. Kekhawatiran mereka juga termasuk pada karakter Kono sebagai ‘serigala penyendiri serta sikap blak-blakannya yang seringkali menyimpang dari garis standar.

 

Terlepas dari reputasinya, Kono berperan penting dalam pemerintahan sebelumnya yang selalu mengikuti kebijakan utama Abe ketika ia menjabat sebagai menteri pertahanan dan menteri luar negeri.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: PM Jepang, Pemilu Jepang, Partai Demokrat Liberal.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar