Mobile Menu

navigasi

More News

Putri Duterte Digadang-gadang Maju Pemiihan Presiden Tahun Depan

14.13

Berita 24 Indonesia - Putri Presiden Filipina Sara Duterte-Carpio mengatakan pada Rabu malam, (1/9) bahwa para politisi termasuk ajudan terdekat ayahnya menawarkan untuk mencalonkan diri bersamanya dalam pemilihan tahun depan.

 

Sara Duterte yang saat ini menjabat sebagai walikota Kota Davao selatan mendapat dukungan terbanyak untuk maju di pemilihan berikutnya mengungkapkan bahwa belum ada rencana politik menjelang batas waktu untuk mengajukan pencalonan pada Oktober.

 

Dalam akun Facebook resminya, Sara mengatakan anggota parlemen Sherwin Gatchalian dan Christopher Bong Go secara pribadi menyatakan tawaran mereka untuk mencalonkan diri sebagai wakil presidennya.

 

Tidak jelas kapan Go mengajukan tawaran itu, tetapi postingan Sara muncul beberapa hari setelah Go menolak dukungan partai yang berkuasa sebagai calon presiden.

 

Sara juga mengatakan pasangan calon lainnya termasuk mantan menteri pertahanan Gilbert Teodoro menawarkan diri untuk mendampinginya dan putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos juga melakukan hal yang sama.

 

Apakah dia sudah memutuskan rencananya untuk mencalonkan diri atau tidak, benar-benar ada keributan dari banyak pihak. Banyak politisi berpikir dia akan menjadi kandidat presiden yang tangguh. Kata analis politik dan profesor Edmund Tayao kepada Reuters.

 

Presiden Filipina saat ini, Duterte (76) dilarang oleh konstitusi untuk mencalonkan diri periode keduanya, tetapi oposisi berkeyakinan Duterte dapat memperpanjang kekuasaannya melalui pemilihan sekutu.

 

Duterte tetap populer meskipun pemerintahannya menghadapi kampanye dan kritik tajam yang meningkat atas gagalnya dalam menangani pandemi Covid-19 di Filipina.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, Pemilu di Filipina.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar