Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Pertemuan Langsung Pertama Anggota Quad, Bahas Infrastruktur Hingga Vaksin

Berita 24 Indonesia - Pertemuan langsung pertama para pemimpin kelompok Quad dari Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan India yang dijadw...


Berita 24 Indonesia - Pertemuan langsung pertama para pemimpin kelompok Quad dari Amerika Serikat, Jepang, Australia, dan India yang dijadwalkan pada hari Jumat, (24/9) akan membahas kemajuan di beberapa bidang termasuk infrastruktur, kesehatan dan cyber.

 

Pertemuan Quad yang diwakili oleh kepala pemerintahan setiap negara seperti Presiden AS Joe Biden, Perdana Menteri India Narendra Modi, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison juga akan membahas keamanan regional.

 

Menurut pejabat senior pemerintah AS, pertemuan puncak akan terjadi di Gedung Putih untuk melanjutkan pembahasan tentang vaksin di kawasan Indo-Pasifik.

 

Komitmen para pemimpin Quad untuk memasok satu miliar suntikan Covid-19 di seluruh Asia pada akhir 2022 merupakan langkah yang penting.

 

India mengatakan siap untuk memulai kembali ekspor vaksin pada kuartal Oktober dengan memprioritaskan inisiatif vaksin internasional COVAX dan negara-negara tetangga terlebih dahulu.

 

Sebelumnya, rencana ini dimulai pada Maret lalu ketika pertemuan virtual Quad. India siap mendistribusikan vaksin tetapi terhenti setelah India dilanda gelombang vaksin yang menghancurkan semua usaha India untuk ekspor vaksin.

 

Biden juga akan mengumumkan tentang program beasiswa untuk anggota Quad yang didanai secara pribadi untuk 100 siswa yang terdiri dari 25 siswa dari tiap negara untuk program master dan doktor bidang STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika) di Amerika Serikat.

 

“Hal ini benar-benar akan mengikat negara kita bersama untuk jangka panjang dengan menghubungkan generasi muda kita, dan mereka akan memiliki tujuan serta perasaan bahwa Quad memang kelompok yang unik dan penting, kata pejabat tersebut.

 

Bisnis Nikkei Jepang mengharapkan para pemimpin Quad setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk membangun rantai pasokan semikonduktor yang aman sebagai area utama dalam persaingan dengan China.

 

China telah mengecam Quad sebagai konstruksi Perang Dingin dan mengatakan aliansi AUKUS akan mengintensifkan perlombaan senjata di wilayah tersebut.

 

Pejabat AS menolak kekhawatiran Beijing, dan menunjukkan bahwa China dalam beberapa dekade terakhir telah mengalami salah satu ekspansi militer paling cepat dalam sejarah.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Hubungan Diplomatik, Anggota Quad, Perseteruan China.

Reponsive Ads