Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Perlombaan Kursi Kepemimpinan Resmi Dibuka, Kono Pimpin Popularitas dari Pesaingnya

Berita 24 Indonesia - Perlombaan kepemimpinan menjadi Perdana Menteri Jepang berikutnya berubah secara tak terduga sejak dua minggu lalu ke...


Berita 24 Indonesia - Perlombaan kepemimpinan menjadi Perdana Menteri Jepang berikutnya berubah secara tak terduga sejak dua minggu lalu ketika Suga mengatakan ia akan mundur dalam kursi kepemimpinan yang memicu persaingan sengit dengan wajah baru.

 

Citra Partai Demokrat Liberal (LDP) telah dirusak oleh persepsi publik bahwa Suga gagal dalam menangani pandemi Covid-19 dan mereka ingin wajah baru untuk meraih kemenangan dalam pemilihan umum yang akan diselenggarakan kurang dari tiga bulan lagi.

 

Perlombaan kursi kepemimpinan secara resmi diluncurkan oleh perwakilan dari masing-masing pesaing yang mendaftarkan pencalonan mereka di markas LDP pada hari Jumat, (17/9).

 

Taro Kono (58) sebagai salah satu calon termuda, memimpin perlombaan dengan mengungguli survei popularitas pesaingnya di mata masyarakat. Kono menjadi favorit masyarakat Jepang untuk menggantikan Suga.

 

Peluangnya kini diperkuat ketika Shigeru Ishiba, calon terkuat nomor 2 dalam survei dan populer dikalangan partai telah mempertimbangkan pencalonannya sendiri dengan memberikan dukungannya di belakang Kono.

 

Namun, reputasi Kono dikalangan para tetua LDP tidak begitu baik. Mereka terang-terangan lebih menyukai Kishida (64) yang berasal dari faksi partai yang lebih dovish, karena persepsi bahwa Kishida lebih baik dibanding Kono dalam membangun konsensus.

 

Noda, (61) yang juga ikut dalam pencalonan setelah memenangkan dukungan dari 20 anggota parlemen dipandang memiliki dampak besar pada perlombaan dengan mempersulit tiap kandidat untuk memenangkan suara mayoritas di babak pertama.

 

Dalam misinya membangun Jepang yang saat ini masih berjuang untuk pulih dari gelombang virus corona, Kono berkeinginan stimulus ekonomi yang berkelanjutan dengan memprioritaskan energi terbarukan dan perluasan jaringan 5G.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pemilu Jepang, Pemilihan Jepang, PM Jepang, Pemerintah Jepang.

Reponsive Ads