Mobile Menu

navigasi

More News

Pasokan Vaksin Taiwan Sampai, Setelah Pertikaian Politik dan Diplomatik Memanas

14.33

Berita 24 Indonesia - Bantuan yang berasal dari TSMC dan Foxconn membuahkan hasil. Kamis, (2/9) gelombang pertama vaksin Covid-19 BioNTech SE tiba di Taiwan setelah berbulan-bulan pertikaian politik dan diplomatik yang memanas.

 

Sebelumnya, Taiwan sempat menuduh China karena mengganggu pesanan vaksin Covid-19 Taiwan dari perusahaan Jerman. Tuduhan tersebut kemudian dibantah dengan tegas oleh otoritas Beijing.

 

Pemerintah Taiwan kemudian mengizinkan pemasok utama Apple Inc Foxconn serta pendiri miliarder terkenal, Terry Gou, bersama dengan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd untuk bernegosiasi kembali mendatangkan vaksin ke negara tersebut.

 

Kesepakatan $350 juta untuk 10 juta dosis ditandatangani pada bulan Juli, yang akan disumbangkan kepada pemerintah untuk didistribusikan.

 

Sebuah penerbangan kargo dari Luksemburg yang membawa vaksin mendarat di bandara internasional utama Taiwan di Taoyuan, di luar Taipei, pada pukul 7 pagi. Kedatangan kargo yang berisi vaksin disambut oleh Menteri Kesehatan Chen Shih-chung dan Sophie Chang dari Yayasan Amal TSMC.

 

Chen berbicara singkat untuk berterima kasih kepada perusahaan dan kelompok Buddhis Taiwan yang juga telah memesan 5 juta dosis atas upaya mereka untuk mendapatkan vaksin.

 

Chen tidak menyebutkan Shanghai Fosun Pharmaceutical, yang memiliki hak untuk menjual suntikan atas nama BioNTech di China, Hong Kong, Makau dan Taiwan dan yang unitnya menandatangani kesepakatan untuk dosis pulau itu.

 

Taiwan mendapatkan pasokan vaksin lebih awal dari yang diharapkan karena penundaan persetujuan peraturan dari yang sudah ditetapkkan. Vaksin ini disetujui untuk digunakan di Hong Kong dan Makau yang dikelola China.

 

Wabah virus Corona relatif kecil terkendali dengan baik di Taiwan, hanya sekitar 5% dari 23,5 juta orang yang sudah divaksinasi penuh. Meskipun pemerintah memiliki jutaan vaksin yang dipesan.

 

Lebih dari 10 juta dosis vaksin telah tiba di Taiwan hingga saat ini, terbagi antara Moderna Inc dan AstraZeneca.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Covid di Asia, Kasus Covid di Dunia, Vaksinasi di Asia, Vaksinasi di Dunia.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar