Mobile Menu

navigasi

More News

Korea Utara Berhasil Uji Coba Senjata Nuklir Pertamanya

13.04

Berita 24 Indonesia - Berdasarkan laporan media pemerintah pada hari Senin, (13/9) Korea Utara berhasil melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru selama akhir pekan.  Para analis berpendapat bahwa hal ini kemungkinan menjadi senjata pertama dengan kemampuan nuklir.

 

Rudal-rudal itu adalah senjata strategis yang sangat penting dengan melintasi 1.500 km sebelum akhirnya mengenai target dan jatuh ke perairan teritorial selama uji coba berlangsung,” kata KCNA.

 

Tes terbaru menyoroti kemajuan yang stabil dalam program senjata Pyongyang di tengah kebuntuan atas pembicaraan dengan AS untuk membongkar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara sejak 2019.

 

Tes tersebut memberikan signifikansi strategis untuk memiliki sarana pencegahan lain yang efektif untuk menjamin keamanan Korea Utara dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh, kata KCNA.

 

Ini akan menjadi rudal jelajah pertama Korea Utara yang secara eksplisit ditunjuk sebagai peran strategis. Ini adalah eufemisme umum untuk sistem berkemampuan nuklir.” Kata Ankit Panda, seorang rekan senior di Carnegie Endowment for International Peace yang berbasis di AS.

 

Tidak jelas apakah Korea Utara telah menguasai teknologi yang dibutuhkan untuk membangun hulu ledak yang cukup kecil untuk digunakan, tetapi Kim Jong Un mengatakan bahwa mengembangkan bom yang lebih kecil adalah tujuan utama mereka.

 

Militer Korea Selatan tidak mengungkapkan apakah mereka telah mendeteksi tes terbaru Korea Utara, tetapi pihaknya sedang melakukan analisis rinci yang bekerja sama dengan Amerika Serikat.

 

Komando Indo-Pasifik militer AS (INDOPACOM) mengatakan pihaknya mengetahui laporan tersebut dan berkoordinasi dengan sekutu dan mitranya.

 

Kegiatan ini menyoroti fokus (Korea Utara) yang terus mengembangkan program militernya dan ancaman yang ditimbulkan terhadap tetangganya serta kekhawatiran masyarakat internasional, kata INDOPACOM dalam sebuah pernyataan.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Senjata Nuklir, Rudal Balistik, Bom Nuklir, Teknologi Nuklir, Korea Utara.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar