Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Keterlambatan Sertifikasi Pesawat Jet China, Imbas Buruk dari Ketatnya Kebijakan Ekspor AS

Berita 24 Indonesia - Pesawat jet C919 China dari Commercial Aircraft Corp of China (COMAC) mengalami kesulitan untuk memenuhi target serti...


Berita 24 Indonesia - Pesawat jet C919 China dari Commercial Aircraft Corp of China (COMAC) mengalami kesulitan untuk memenuhi target sertifikasi dan produksi di tengah aturan ekspor AS yang ketat karena tidak dapat memperoleh bantuan tepat waktu dari pemasok dan telah kehabisan beberapa suku cadang.

 

COMAC memiliki 815 pesanan sementara, tetapi hanya China Eastern Airlines yang memesan lima jet. Maskapai tersebut baru bisa menerima satu pesawat C919 akhir tahun ini, sisanya akan dikirim tahun depan secara bertahap, dua pada 2022 dan dua lagi pada 2023.

 

Sebelumnya Pada Desember 2020, AS telah mewajibkan lisensi khusus untuk mengekspor suku cadang dan bantuan teknologi ke perusahaan mana pun yang terkait dengan militer China.

 

Pemasok yang terkait dengan AS dan tidak memiliki lisensi berdampak pada hambatan yang telah menyebabkan keterlambatan sertifikasi China dan memengaruhi serta menunda produksi pesawat selama berbulan-bulan.

 

Salah satu rintangan terbesar adalah rantai pasokan, inflasi, ketersediaan material, dan perubahan pemasok, kata pakar rantai pasokan kedirgantaraan Alex Krutz dari konsultan kedirgantaraan Patriot Industrial Partners yang berbasis di AS.

 

Para pemasok mungkin tidak memiliki likuiditas untuk membuat perubahan pasca-sertifikasi atau bersedia seperti beberapa tahun lalu untuk terus mendukung program produksi tingkat rendah awal seperti COMAC, tambahnya.

 

“COMAC sangat sibuk dengan uji kelayakan, mereka terlambat dari jadwal dan terbang sebanyak mungkin untuk mencapai jam minimum yang diperlukan untuk sertifikasi China. Terlepas dari semua masalah, COMAC sangat bertekad untuk mendapatkan sertifikasi, karena ini adalah tugas politik terpenting.

 

Sumber lain mengatakan bahwa C919 kemungkinan akan menerima sertifikasi sesuai dengan tipenya dari regulator penerbangan China akhir tahun ini, tetapi akan ada daftar panjang batasan pada operasi penerbangan. Bahkan mungkin setelah sertifikasi, COMAC harus melakukan peningkatan lainnya.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pesawat Jet China, Militer China, Maskapai China.

Reponsive Ads