Mobile Menu

navigasi

More News

Kebakaran Lapas Tangerang, Yasonna Laoly: 41 Orang Tewas, Puluhan Lainnya Luka-Luka

13.08

Berita 24 Indonesia - Kebakaran hebat terjadi dini hari tadi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang, Banten. Api melahap blok yang penuh sesak dan menewaskan 41 orang dan melukai puluhan lainnya.

 

Menkumham Yasonna Laoly memberikan keterangan kejadian terkait peristiwa kebakaran tersebut.

 

“Terjadi kebakaran jam 01.45. Petugas pengawas dari atas melihat kondisi itu, terjadi api, langsung telepon kepala keamanan di sini,” kata Yasonna, dikutip dari Detiknews.

 

“Petugas Lapas Tangerang kemudian menelepon petugas pemadam kebakaran, 13 menit kemudian 12 pemadam kebakaran tiba. Saya ucapkan terima kasih kepada pemkot Tangerang khususnya pemadam kebakaran yang sangat cepat dan responsif untuk memadamkan api. Tidak sampai 1,5 jam, api berhasil dipadamkan.” Tambahnya.

 

Api membesar dengan cepat, beberapa kamar atau sel tahanan tidak sempat untuk dibuka. Mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, kamar sel harus selalu dikunci.

 

“40 meninggal ditempat, 1 lainnya meninggal ketika sedang menuju rumah sakit. Sedangan 81 lainnya mengalami luka-luka.” Kata Yasonna.

 

Dugaan sementara penyebab kebakaran adalah korsleting listrik, namun kepastian penyebab kebakaran masih harus diselidiki oleh Puslabfor Polri dan Polda Metro Jaya

 

Menurut data pemerintah, Lapas Tangerang merupakan salah satu pusat industri dan manufaktur di dekat Jakarta yang menampung lebih dari 2.000 narapidana, jauh melebihi kapasitas yang seharusnya hanya 600 orang narapidana.

 

Sumber: Reuters, Detiknews

 

Tags: Kebakaran Lapas Tangerang, Jumlah Korban Kebakaran, Lapas di Indonesia.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar