Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Dukung Emisi Nol Karbon, Indonesia Justru Akhiri Kerjasama Dengan Norwegia

Berita 24 Indonesia - Juru bicara kementerian luar negeri Indonesia dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Indonesia telah mengakhiri kes...


Berita 24 Indonesia - Juru bicara kementerian luar negeri Indonesia dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa Indonesia telah mengakhiri kesepakatan dengan Norwegia tentang kerja sama pengurangan emisi karbon dari deforestasi karena kurangnya pembayaran.

 

Tahun lalu, Norwegia mengumumkan kontribusi $56 juta untuk Indonesia berdasarkan hasil dalam mengendalikan deforestasi tahun 2016-2017 di bawah skema konservasi hutan yang didukung PBB yang dikenal sebagai REDD+.

 

Dalam pernyataannya pada hari Jumat, (10/9) Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan akan memutuskan untuk mengakhiri perjanjian karena kurangnya kemajuan nyata dalam pelaksanaan kewajiban pemerintah Norwegia, setelah Indonesia setuju memenuhi komitmennya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

 

"Keputusan untuk mengakhiri Letter of Intent sama sekali tidak akan mempengaruhi komitmen Pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca," dalam pernyataan tersebut.

 

Inisiatif Iklim dan Hutan Internasional Norwegia mengatakan diskusi tentang pembayaran Oslo dan konstruktif berkembang dengan baik, dalam kerangka kerja yang ditetapkan oleh batas peraturan kedua Norwegia.

 

Kelompok itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka berencana untuk terus mendukung upaya Indonesia dalam mitigasi perubahan iklim.

 

Pengendalian deforestasi merupakan bagian dari komitmen Indonesia dalam kesepakatan global Paris untuk memerangi perubahan iklim. Ini bertujuan untuk membatasi deforestasi antara 325.000 dan 450.000 hektar (800.000-1,1 juta hektar) per tahun, tingkat yang diyakini masih memungkinkan pembangunan ekonomi.

 

Indonesia di bawah kesepakatan Paris telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 41% pada tahun 2030 dengan bantuan internasional. Indonesia bertujuan untuk mencapai emisi nol karbon dimasa mendatang.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Deforestasi, Perubahan Iklim, Emisi Karbon, Gas Rumah Kaca.

Reponsive Ads