Mobile Menu

navigasi

More News

Cabor Ekshibisi PON XX Papua 2021, E-Sport Selesaikan Tahap Kualifikasi Provinsi

13.48

Berita 24 Indonesia - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kini resmi menambahkan Esport menjadi cabang olahraga ekshibisi. Dalam serangkaian jadwalnya Esport telah memasuki tahap Pra PON setelah menyelesaikan tahap kualifikasi provinsi.

 

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Esport Indonesia (PB ESI), Frengky Ong mengatakan tahap kualifikasi provinsi telah berlangsung hingga 5 September, yang dilanjutkan dengan tahap Pra PON mulai 7-15 September.

 

Ada lima cabang game yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua. Keempat game online tersebut diantaranya Free Fire, Mobile Legends, PES 2021, dan PUBG Mobile. Sementara satu lainnya yakni Lokapala yang hanya memainkan pertandingan persahabatan.

 

Pada tahap Pra PON, sebanyak 34 provinsi akan memperebutkan 11 slot tim Free Fire, lima orang PES, lima tim Mobile Legends dan 15 tim PUBG Mobile.

 

Untuk jadwal pertandingan ekshibisi esport di PON XX Papua sendiri sudah kita jadwalkan digelar selama lima hari mulai 22-26 September dengan venue Lapangan Hoki dan Kriket Doyobaru, Jayapura, kata Frengky Ong dalam keterangan resminya.

 

Pemerintah memperkenalkan esport sebagai cabor eksibisi PON XX dengan harapan game online dan ekosistem esport Tanah Air bisa terus maju dan melahirkan bibit-bibit atlet esport yang mampu bersaing hingga kancah Internasional.

 

Frengky mengatakan, mengutip dari IDN Times, saat ini Indonesia berada di urutan 17 dunia jumlah populasi gamers. Hal ini bisa diartikan sebagai aset yang sangat besar dan sangat potensial untuk dikembangkan.

 

Sejak pandemi Covid-19 populasi gamers di Indonesia naik hingga 37% dengan rentang usia pengguna game online 16-24 tahun dan 27% untuk usia 25-34 tahun.

 

PB ESI sangat peka untuk mengembangkan aset berharga ini dengan menjadikan Esport sebagai cabor eksibisi PON XX Papua. Sosialisasi dan promosi kita juga terus berjalan dengan melibatkan 34 Pengprov dan 514 Pengkab PB ESI, kata Frengky.

 

Mulai dari sosialisasi kegiatan PON, sosialisasi teknis pertandingan melalui platform Garudaku.com, sosialisasi juklak dan juknis sampai sosialisasi marketing campaign Bersama,” tambahnya.

 

Sumber: Antara

 

Tags: Game Online, PON XX Papua, Esport, Cabor Esport.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar