Mobile Menu

navigasi

More News

UMNO Tunjukkan Dukungan untuk Kandidat Unggulan Perdana Menteri Malaysia

14.06

Berita 24 Indonesia - Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) menunjuk mantan wakil Muhyiddin Ismail Sabri sebagai pilihan mereka untuk kandidat utama menjadi perdana menteri negara berikutnya yang ditetapkan oleh raja bagi anggota parlemen untuk mengajukan pilihan pemimpin baru.

 

Sebelumnya, Muhyiddin Yassin mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada hari Senin, (16/8) bersama dengan Ismail Sabri dan seluruh kabinetnya setelah mengakui kehilangan mayoritas di parlemen dan tetap menjadi perdana menteri sementara sampai pemilihan.

 

Ismail Sabri kemungkinan dapat memperoleh kepercayaan lebih dari setengah dari 222 anggota parlemen dengan dukungan partai Muhyiddin, Bersatu, dan partai Islam PAS.

 

Ismail Sabri yang juga anggota senior UMNO mempelopori kebijakan keamanan selama krisis Covid-19 dan dipromosikan menjadi wakil perdana menteri pada Juli dalam upaya Muhyiddin untuk meredakan ketegangan dengan UMNO.

 

Dia kemudian menentang seruan UMNO untuk menarik dukungan untuk Muhyiddin, tetap sebagai bagian dari pemerintahan sampai pembubaran kabinet minggu ini.

 

UMNO kalah dalam pemilihan 2018 karena tuduhan korupsi yang meluas, dengan mantan perdana menteri Najib Razak dan presiden partai Ahmad Zahid Hamidi menghadapi lusinan tuduhan korupsi, tetapi itu tetap menjadi kunci pembentukan pemerintahan baru di tengah ketidakstabilan politik.

 

Partai oposisi Pejuang mengatakan akan mendukung setiap kandidat yang bukan bagian dari 'gugus pengadilan' merujuk pada politisi yang menghadapi tuntutan pidana.

 

Presiden Pejuang Mukhriz Mahathir, putra pendahulu Muhyiddin Mahathir Mohamad, mengatakan bahwa pilihan utama partai adalah pemimpin oposisi Anwar Ibrahim dan Mohamad Shafie Apdal, tetapi akan terbuka untuk mendukung Ismail Sabri juga.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Perdana Menteri Malaysia Baru, PM Malaysia Mengundurkan Diri, PM MuhyiddinYassin.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar