Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Tiba di Hanoi, Kamala Harris Gagal Gaet Vietnam Masuk Sekutu AS

Berita 24 Indonesia - Wakil Presiden Kamala Harris melanjutkan kunjungan luar negerinya ke Vietnam , setelah sebelumnya sempat menunda k...


Berita 24 Indonesia -
Wakil Presiden Kamala Harris melanjutkan kunjungan luar negerinya ke Vietnam, setelah sebelumnya sempat menunda karena kekhawatiran insiden kesehatan yang berpotensi terkait dengan sindrom Havana yang misterius.

 

Harris tiba di Hanoi setelah penundaan selama tiga jam di Singapura atas laporan yang beredar di Hanoi tentang kasus sindrom Havana, suatu kondisi yang tidak diketahui asalnya dengan gejala pusing, mual, migrain, dan penyimpangan memori.

 

Karena hal tersebut, Harris gagal dalam upayanya untuk merayu Vietnam, sekutu yang diharapkan Washington akan membantunya menantang kebijakan luar negeri China di kawasan Laut China Selatan.

 

Karena perjalanan Harris ke Vietnam tertunda, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengadakan pertemuan mendadak dengan Duta Besar China Xiong Bo, di mana Chinh mengatakan Vietnam tidak bersekutu dengan satu negara melawan negara lain.

 

Sebelumnya pada hari Selasa, Harris menuduh Beijing melakukan pemaksaan dan intimidasi untuk mendukung klaim di Laut China Selatan, komentarnya yang paling tajam tentang China selama kunjungan ke Asia Tenggara.

 

Perdana Menteri menegaskan bahwa Vietnam menganut kebijakan luar negeri yang independen, mandiri, multilateral, dan beragam dan merupakan anggota yang bertanggung jawab dari komunitas internasional, kata pemerintah Vietnam dalam sebuah pernyataan.

 

Vietnam tidak menyelaraskan diri dengan satu negara terhadap negara lain. Sengketa wilayah di Laut Cina Selatan harus diselesaikan menurut hukum internasional dan akal sehat tingkat tinggi.” Tambahnya.

 

Dalam pertemuan tersebut, Chinh berterima kasih kepada duta besar atas sumbangan vaksinnya. Vietnam berhasil menahan virus corona tahun lalu, tetapi sejak April wabah besar Covid-19 melanda Kota Ho Chi Minh yang didominasi oleh varian Delta yang sangat menular.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Covid di Vietnam, Hubungan Vietnam dan AS, Hubungan Vietnam dan China, Laut ChinaSelatan.

Reponsive Ads