Mobile Menu

navigasi

More News

Tenggat Waktu Evakuasi, Joe Biden: Operasi Tambahan Membawa Risiko Bagi Pasukan Kami

14.43

Berita 24 Indonesia - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan pasukan AS di Afghanistan menghadapi bahaya yang meningkat ketika mereka mendorong untuk menyelesaikan evakuasi dengan batas waktu sebelum 31 Agustus.

 

Hingga saat ini Amerika Serikat dan sekutunya telah mengevakuasi lebih dari 70.000 orang, termasuk diplomat asing dan warga Afghanistan sejak awal 14 Agustus, sehari sebelum Taliban menyerbu ibu kota, Kabul.

 

Negara-negara Barat sekarang bergegas untuk menyelesaikan evakuasi sebelum batas waktu penarikan pasukan asing di bawah perjanjian yang dibuat dengan Taliban tahun lalu untuk mengakhiri perang terpanjang Amerika.

 

Semakin cepat kita bisa menyelesaikannya, semakin baik. Setiap hari operasi membawa risiko tambahan bagi pasukan kami.” Kata Biden.

 

Populasi Afghanistan diperkirakan mencapai 36 juta. Uni Eropa mengatakan bahwa pihaknya merencanakan bantuan empat kali lipat dan sedang mencari koordinasi dengan PBB tentang pengiriman serta jaminan keamanan di lapangan.

 

Kepala hak asasi manusia PBB mengatakan dia telah menerima laporan tentang pelanggaran serius oleh Taliban, termasuk eksekusi singkat terhadap warga sipil dan pasukan keamanan Afghanistan yang telah menyerah.

 

Puluhan ribu warga Afghanistan yang takut akan penganiayaan telah memadati bandara Kabul sejak Taliban mengambil alih ibukota Kabul.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Afghanistan vs Taliban, Evakuasi Warga Afghanistan, Taliban vs AS.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar