Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

PPKM Lagi, Indonesia Targetkan September Sudah Bebas Keluar

Berita 24 Indonesia - Salah seorang pejabat pemerintahan Indonesia mengatakan Indonesia sedang berencana untuk membuka kembali sektor perek...


Berita 24 Indonesia - Salah seorang pejabat pemerintahan Indonesia mengatakan Indonesia sedang berencana untuk membuka kembali sektor perekonomian secara bertahap pada bulan September, ketika pemerintah mengumumkan perpanjangan pembatasan sosial hingga minggu depan.

 

Didorong oleh varian Delta yang lebih cepat menular, Indonesia selama beberapa bulan terakhir menghadapi lonjakan tajam kasus virus corona yang membuat rumah sakit kewalahan dan kematian akibat Covid-19 menorehkan rekor tertinggi.

 

Namun Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan gelombang infeksi telah melewati puncaknya dengan kasus yang dikonfirmasi setiap hari menurun.

 

Pihak berwenang telah memberlakukan pembatasan pergerakan sejak 3 Juli dan pejabat pemerintah mengumumkan pembatasan ‘level 4’ yang paling ketat akan tetap berlaku di beberapa daerah di Jawa dan Bali dan di kota-kota lain.

 

“Kita harus tetap waspada dan terus mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan kasus-kasus tersebut,” kata Presiden Joko Widodo dalam sebuah pernyataan.

 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan yang juga memimpin penanganan Covid-19 di Pulau Jawa dan Bali mengatakan pemerintah akan membuka kembali kegiatan ekonomi pada bulan September.

 

“Pembukaan kembali kegiatan ekonomi akan tergantung pada vaksinasi, peningkatan pengujian, penelusuran, dan pengobatan.” Kata Luhut.

 

Indonesia meluncurkan program vaksinasi nasionalnya pada bulan Januari, tetapi target yang ambisius gagal karena kendala logistik, masalah pasokan dan keraguan pengadaan vaksin.

 

Jumlah kasus harian rata-rata sekitar 33.800 untuk minggu lalu dan ada kekhawatiran bahwa varian Delta masih dapat merusak wilayah di luar Jawa, terutama di daerah terpencil dengan layanan kesehatan yang buruk. Secara total Indonesia mencatat 3,46 juta kasus Covid-19 dan lebih dari 97.000 kematian.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Covid di Indonesia, Kasus Covid di Dunia, Pemerintah Gagal Mengendalikan Pandemi.

Reponsive Ads