Mobile Menu

navigasi

More News

PM Muhyiddin Akan Mundur Setelah Kekacauan Politik Memuncak

12.41

Berita 24 Indonesia - Menurut laporan media setempat setelah mayoritas kehilangan dukungan dari partai koalisi, Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin diperkirakan akan mengundurkan diri pada Senin, (16/8).

 

Jika dihitung, pengunduran diri Muhyiddin mengakhiri 17 bulan masa jabatannya yang penuh gejolak dan kekacauan di Malaysia dimana partai oposisi meminta Muhyiddin untuk segera melakukan pemilihan dan mundur dari jabatannya.

 

Tidak jelas siapa yang dapat menggantikan Muhyiddin saat ini, mengingat tidak ada yang memiliki mayoritas yang jelas di parlemen atau mengadakan pemilihan ketika lonjakan kasus terus terjadi selama pandemi.

 

Keputusan itu kemungkinan akan diserahkan ke tangan raja konstitusional Raja Al-Sultan Abdullah, yang dapat menunjuk seorang perdana menteri dari antara anggota parlemen terpilih berdasarkan siapa yang dia pikir akan menjadi mayoritas.

 

Menurut Mohd Redzuan Md Yusof pejabat di departemen perdana menteri Muhyiddin mengatakan bahwa Muhyiddin memberi tahu anggota partai bahwa dia akan mengajukan pengunduran dirinya kepada raja pada hari Senin.

 

Cengkeraman Muhyiddin pada kekuasaan telah bergejolak sejak ia menjabat pada Maret 2020 dengan minim dukungan. Tekanan terhadapnya meningkat baru-baru ini setelah beberapa anggota parlemen UMNO blok terbesar dalam aliansi yang berkuasa menarik dukungan.

 

Pengunduran diri Muhyiddin juga dapat mengembalikan jabatan perdana menteri ke Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), 'partai tua besar' Malaysia, yang terpilih dalam pemilihan 2018 setelah dinodai oleh tuduhan korupsi.

 

Dua pesaing teratas untuk jabatan perdana menteri atau perdana menteri sementara termasuk wakil perdana menteri Ismail Sabri Yaakob dan anggota parlemen veteran Tengku Razaleigh Hamzah, keduanya dari UMNO.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: PM Muhyiddin Yassin, PM Malaysia, Gejolak Politik, PM Malaysia Mengundurkan Diri.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar