Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Misi Diplomatik Indonesia-Afghanistan Dipindahkan ke Pakistan

Berita 24 Indonesia - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada hari Sabtu, (21/8) mengatakan Indonesia telah memindahkan misi diplom...


Berita 24 Indonesia - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada hari Sabtu, (21/8) mengatakan Indonesia telah memindahkan misi diplomatik dengan Afghanistan dari Kabul ke Islamabad Pakistan setelah angkatan udaranya mengevakuasi puluhan orang setelah perebutan kekuasaan Taliban.

 

“Untuk sementara, misi diplomatik di Kabul akan dilakukan dari Islamabad," kata Retno Marsudi dalam sambutannya yang disiarkan televisi di bandara militer Halim, Jakarta.

 

“Rencana awalnya adalah melanjutkan misi diplomatik kami di Kabul dengan tim kecil, tetapi berubah karena perkembangan baru (yang tidak disebutkannya).”

 

Bandara Kabul menjadi tempat kekacauan dalam beberapa hari terakhir, dengan ribuan warga Afghanistan yang putus asa mencoba melarikan diri ketika warga asing lainnya juga berusaha untuk pergi setelah AS dan pasukan asing lainnya mundur.

 

Retno kemudian menyerukan proses politik inklusif yang dipimpin oleh Afghanistan dengan membawa perdamaian dan stabilitas di negara itu untuk menegakkan hak-hak perempuan.

 

"Empat diplomat Indonesia di misi yang berbasis di Pakistan akan menilai situasi di Afghanistan setiap hari untuk menentukan langkah selanjutnya," tambahnya.

 

"Operasi untuk mengevakuasi warga Indonesia untuk pergi dari Afghanistan yang terdiri dari staf kedutaan dan anak-anak membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan karena situasi di bandara Kabul."

 

"Indonesia juga menjemput lima orang Filipina atas permintaan pemerintah mereka dan dua warga negara Afghanistan," kata Retno.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: AS vs Taliban, Perang Taliban, Afghanistan vs Taliban.

Reponsive Ads