Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Militer Myanmar Kembali Tangkap Jurnalis yang Diduga Sebarkan Informasi Palsu

Berita 24 Indonesia -   Berdasarkan media pemerintah, militer Myanmar kembali telah menangkap dua jurnalis lokal di antara puluhan penahan...


Berita 24 Indonesia - Berdasarkan media pemerintah, militer Myanmar kembali telah menangkap dua jurnalis lokal di antara puluhan penahanan dalam tindakan keras terhadap media sejak kudeta 1 Februari.

 

Sithu Aung Myint seorang jurnalis untuk situs berita Frontier Myanmar dan komentator radio Voice of America serta produser lepas untuk BBC Media Action ditangkap pada 15 Agustus.

 

Sithu Aung Myint didakwa dengan penghasutan dan menyebarkan informasi palsu yang kritis terhadap junta militer dan telah mendesak orang-orang untuk bergabung dalam pemogokan dan mendukung kelompok-kelompok oposisi yang dilarang.

 

Htet Htet Khine dituduh menyembunyikan Sithu Aung Myint sebagai tersangka kriminal dan bekerja untuk dan mendukung bayangan Pemerintah Persatuan Nasional.

 

BBC Media Action mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka prihatin dengan keselamatan Htet Htet Khine dan tuduhan terhadapnya, dan sedang memantau situasi dengan cermat.

 

Reporters Without Borders (RSF) mengatakan pasangan itu ditahan tanpa komunikasi.

 

"Kami mengutuk keras kondisi penahanan mereka yang sewenang-wenang, yang mencerminkan kebrutalan yang dilakukan junta militer terhadap wartawan," kata kepala meja Asia-Pasifik Daniel Bastard.

 

Myanmar tetap penuh dengan ketidakstabilan dan penentangan terhadap pemerintahan tentara, di mana lebih dari 1.000 orang telah tewas, menurut kelompok aktivis yang melacak pembunuhan oleh pasukan keamanan.

 

Militer telah mencabut izin banyak media selain media pemerintah mengatakan bahwa mereka menghormati peran media tetapi tidak akan membiarkan pelaporan berita yang dianggap salah atau mungkin menimbulkan keresahan publik.

 

Sebuah laporan oleh Committee to Protect Journalists bulan lalu mengatakan bahwa penguasa Myanmar telah secara efektif mengkriminalisasi jurnalisme independen.

 

Human Rights Watch akhir bulan lalu mengatakan pemerintah militer telah menangkap 98 wartawan sejak kudeta dan harus berhenti menuntut staf media.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pemerintah Myanmar, Situasi Politik Myanmar Saat Ini, Junta Militer Myanmar.

Reponsive Ads