Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Lebih Dari 60 Negara Setuju untuk Membuka Perbatasan Bagi Warga Afghanistan

Berita 24 Indonesia - Menurut Departemen Luar Negeri AS pada Minggu, (15/8) mengatakan lebih dari 60 negara mengeluarkan pernyataan bersam...


Berita 24 Indonesia - Menurut Departemen Luar Negeri AS pada Minggu, (15/8) mengatakan lebih dari 60 negara mengeluarkan pernyataan bersama dengan mengatakan warga Afghanistan dan warga Internasional yang ingin meninggalkan Afganistan harus diizinkan pergi dengan membuka perbatasan di bandara maupun penyeberangan.

 

Pemerintah AS dan negara-negara termasuk Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Republik Korea, Qatar dan Inggris mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa: “Mereka yang memegang kekuasaan dan otoritas di seluruh Afghanistan memikul tanggung jawab dan akuntabilitas untuk perlindungan kehidupan dan harta benda manusia, dan untuk pemulihan segera keamanan dan ketertiban sipil.”

 

“Rakyat Afghanistan layak untuk hidup dengan aman, nyaman dan bermartabat. Kami di komunitas internasional siap membantu mereka.” Tambahnya dalam pernyataan tersebut.

 

Pentagon mengirimkan 1.000 tentara lainnya untuk membantu mengevakuasi warga AS dan warga Afghanistan yang bekerja di Kabul ketika pemerintah AS mengatakan akan mengambil alih kendali lalu lintas udara untuk memfasilitasi keberangkatan ribuan orang.

 

Taliban menyatakan perang di Afghanistan telah berakhir setelah gerilyawan menguasai istana kepresidenan di Kabul ketika pasukan pimpinan AS pergi dan negara-negara Barat bergegas untuk mengevakuasi ribuan warganya.

 

Sebuah pernyataan tambahan dari Departemen Luar Negeri dan Pentagon setelah Taliban memasuki ibu kota Afghanistan dengan menegaskan bahwa :”Amerika Serikat selama 48 jam ke depan akan memperluas pasukan keamanannya menjadi hampir 6.000 tentara, dengan misi yang berfokus pada evakuasi warga dan akan mengambil alih kontrol lalu lintas udara.”

 

Negara lain yang menandatangani pernyataan bersama antara lain Chili, Kolombia, Kosta Rika, Republik Ceko, Denmark, Republik Dominika, El Salvador, Estonia, Finlandia, Yunani, Belanda, Selandia Baru, Spanyol, Swedia, Ukraina dan Yaman serta perwakilan tinggi. Uni Eropa untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Taliban Kuasai Kabul, Taliban Akhiri Perang di Afganistan.

Reponsive Ads