Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Kamala Harris: Beijing Terus Mengintimidasi dan Mengklaim Laut China Selatan

Berita 24 Indonesia - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada hari Selasa , (24/8) menuduh Beijing terus memaksa dan mengintimi...


Berita 24 Indonesia -
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada hari Selasa, (24/8) menuduh Beijing terus memaksa dan mengintimidasi di Laut Cina Selatan dan berjanji bahwa Washington akan mengejar Indo Pasifik yang bebas dan terbuka.

 

Komentar tersebut muncul selama perjalanannya ke Asia Tenggara untuk menegaskan kembali komitmen Washington di kawasan Laut China Selatan dan mengatasi kekhawatiran tentang klaim China atas bagian-bagian yang disengketakan.

 

Kami tahu bahwa Beijing terus memaksa, mengintimidasi, dan mengklaim sebagian besar Laut China Selatan, kata Harris dalam pidatonya di Singapura.

 

Klaim yang melanggar hukum ini telah ditolak oleh keputusan pengadilan arbitrase 2016, dan tindakan Beijing terus merusak tatanan berdasarkan aturan dan mengancam kedaulatan negara.”

 

China menolak keputusan itu dan mempertahankan klaimnya atas sebagian besar perairan yang juga diperebutkan oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam. China telah mendirikan pos-pos militer di pulau-pulau buatan di perairan yang mengandung ladang gas dan penangkapan ikan yang kaya.

 

Angkatan Laut AS unjuk kekuatan melawan klaim teritorial China dengan melakukan operasi yang disebut kebebasan navigasi’. Namun China menolak operasi tersebut dengan mengatakan mereka tidak membantu mempromosikan perdamaian atau stabilitas.

 

Amerika Serikat telah menentang China di jantung kebijakan keamanan nasionalnya selama bertahun-tahun dan pemerintahan Presiden Joe Biden menyebut persaingan dengan Beijing sebagai ujian geopolitik terbesar abad ini.

 

Harris bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Presiden Halimah Yacob selama perjalanan yang bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan mitra di kawasan itu sebagai bagian dari upaya Washington untuk melawan pengaruh ekonomi dan keamanan China yang berkembang.

 

Kemitraan kami di Asia Tenggara termasuk Singapura dan di seluruh Indo Pasifik adalah prioritas utama bagi Amerika Serikat. Kawasan itu sangat penting bagi keamanan dan kemakmuran negara kita.”

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Laut China Selatan, Wakil Presiden AS, Kamala Harris, Joe Biden.

Reponsive Ads