Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Indonesia Dan Korea Selatan Kembali Perkuat Hubungan Dalam Pertemuan 2+2 SOM

Berita 24 Indonesia -   Indonesia dan Korea Selatan kembali memperkuat hubungan kemitraan strategis khusus melalui penyelenggaraan ' the...


Berita 24 Indonesia - Indonesia dan Korea Selatan kembali memperkuat hubungan kemitraan strategis khusus melalui penyelenggaraan ' the first RI-ROK foreign and defense senior officials meeting' (2+2 SOM) yang digelar secara virtual pada Selasa kemarin (24/8/2021).

Direktur Jendral Asia Pasifik dan Afrika, Abdul Kadir Jailani mengatakan bahwa kerja sama bilateral ini telah berkembang diberbagai bidang,

" Kerja sama ini diisi dengan program-program konkret yang telah dituangkan dalam plan of action for implementation of the special startegic partnership " Ujar Abdul Kadir Jailani, dikutip dari kemlu, Kamis (26/8/2021).

Dalam kesempatan tersebut, delegasi asal Indonesia dipimpin oleh Direktur Jendral Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Abdul Kadir Jailani, dan Direktur Jendral Strategi Petahanan, Kementerian Pertahanan, Mayjen Rodon Pedrason.

Dilansir dari kemlu, pertemuan tersebut membahas mengenai isu-isu pertahanan, keamanan, serta perkembangan geopolitik terkini di kawasan dan dunia.

Kemudian Upaya penanganan pandemi Covid-19, dan percepatan pemulihan ekonomi di kedua negara, dan kawasan juga menjadi topik pembahasan. 

Selain itu, kedua belah pihak mendiskusikan mengenai potensi-potensi kegiatan yang dapat ditindaklanjuti segera, seperti halnya pengembangan kapasitas bagi personel pertahanan Indonesia.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan antara Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Moon Jae-in, saat melakukan kunjungan Presiden Korea Selatan ke Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Kunjungan yang dilakukan oleh Presiden Moon Jae-in pada 2017 lalu, status hubungan bilateral RI-ROK diangkat menjadi kemitraan startegis khusus.

Sementara untuk plan of action implementasi kemitraan startegis khusus RI-ROK berhasil disetujui saat dimana kunjungan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Chung Eui-yong di bulan Juni 2021.

Pada pertemuan ini diharapkan dapat menjadi forum untuk meningkatkan dialog konstruktif mengenai isu-isu strategis, baik ditingkatan bilateral maupun regional


(Sumber : Kementerian Luar Negeri RI)



Reponsive Ads