Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

India Mengerahkan Kapal Perang Di Laut Cina Selatan Sebagai Kebijakan 'Bertindak Timur'

Berita 24 Indonesia - India Rabu (4/8) ini mengirim Satgas Angkatan Laut ke Laut China Selatan untuk memperluas hubungan keamanan dengan n...



Berita 24 Indonesia -
India Rabu (4/8) ini mengirim Satgas Angkatan Laut ke Laut China Selatan untuk memperluas hubungan keamanan dengan negara-negara sahabat. 

Hal ini dilakukan India menandakan niatnya untuk memainkan peran yang lebih besar dalam upaya regional untuk melawan China. 

Militer India secara tradisional waspada untuk memusuhi China, tetapi suasana hati telah mengeras setelah bentrokan antara pasukan di perbatasan darat yang disengketakan tahun lalu. 

Pemerintah India sejak kejadian tersebut, semakin dekat dengan Amerika Serikat dalam upaya melawan China.

Ada 4 kapal termasuk perusak peluru kendali dan fregat rudak akan dikerahkan untuk periode dua bulan ke Asia Tenggara, Laut China Selatan, dan Pasifik Barat.

" Pengarahan kapal angkatan laut India berusaha menggarisbawahi jangkauan operasional, kehadiran damai dan solidaritas dengan negara-negara sahabat untuk memastikan ketertiban yang baik dalam domain maritim " Kata Satgas Angkat Laut India, dikutip dari reuters

Laut China Selatan menjadi salah satu dari banyak titik nyala dalam hubungan yang sulit antara China dan Amerika Serikat dengan Washinton DC menolak apa yang disebutnya sebagai klaim teritorial yang melanggar hukum oleh Beijing di perairan yang kaya sumber daya itu.

Dilansir dari reuters, pada bulan Juni, kelompok kapal induk AS yang dipimpin oleh USS Ronald Reagan memasuki Laut China Selatan sebagai bagian dari misi rutin dan kelompok kapal induk Inggris akan melakukan latihan di laut Filipina bulan Agustus ini.

Sebagai bagian dari penempatan mereka, kapal-kapal India akan mengambil bagian dalam latihan perang bersama tahunan yang melibatkan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia di lepas pantai Guam.

Keempat negera tersebut membentuk Quad, sebuah kelompok informal yang dipromosikan oleh pemerintaha Amerika Serikat Joe Biden sebagai cara untuk melawan China. 

" Insiatif maritim ini meningkatkan sinergi dan koordinasi antara angkatan laut India dan negara-negara sahabat, berdasarkan kepentingan maritim bersama, dan komitmen terhadap kebebasan navigasi di laut " Ucapnya

Di masa lalu China mengkritik multilateral sebagai detabilisasi kawasan. 

( Sumber/Foto : Reuters/Jason Lee)


Reponsive Ads