Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Ikut Negara Lain, Jerman Kirim Kapal Perang ke Laut China Selatan

Berita 24 Indonesia - Kali pertama armada tempur laut Jerman ke Laut China Selatan sejak 20 tahun lalu. Jerman kini bergabung dengan Amerik...


Berita 24 Indonesia - Kali pertama armada tempur laut Jerman ke Laut China Selatan sejak 20 tahun lalu. Jerman kini bergabung dengan Amerika Serikat dan Inggris mengirim kapal perang ke perairan pasifik tersebut.

 

Pejabat Pemerintahan Jerman mengatakan armada tempur laut Jerman tetap berpegang teguh pada rute perdagangan umum. Kapal tersebut tidak akan berlayar melalui Selat Taiwan yang bisa memicu konflik dengan China.

 

Perlu diketahui Jerman memiliki kerja sama ekonomi dengan China sebagai salah satu mitra dagang. Ekspor Jerman ke China membantu mengurangi dampak perekonomian dari pandemi Covid-19.

 

Salah satu dari empat fregat kelas Brandenburg, Bayern (Bavaria), berangkat dari pangkalan Angkatan Laut Wilhelmshaven pada hari Senin dalam sebuah upacara yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan Annegret Kramp-Karrenbauer.

 

Angkatan Laut Jerman mengatakan armada tempur laut tersebut setidaknya membawa 46 torpedo anti-kapal selam, serta rudal-rudal anti-kapal dan senjata anti-pesawat untuk berjaga-jaga.

 

Kapal Bayern diperkirakan akan melintasi Laut China Selatan pada pertengahan Desember 2021, menjadikannya sebagai armada tempur laut Jerman pertama yang melewati perairan itu sejak 2002.

 

Negara-negara lain seperti Inggris, Prancis, Jepang, Australia, dan Selandia Baru, juga telah memperluas aktivitas militer mereka di Pasifik untuk melawan pengaruh China.

 

Perairan Laut China Selatan telah lama menjadi sengketa wilayah regional. Beijing mengklaim bahwa ia memiliki hak bersejarah atas hampir seluruh perairan tersebut, tetapi klaim teritorialnya ditolak oleh Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, yang memenangkan Filipina.

 

Sumber: iNews

 

Tags: Armada Tempur Laut Jerman, Kapal Perang Jerman, Laut China Selatan.

Reponsive Ads