Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Filipina Akan Lockdown Manila, Antrean Pos Vaksinasi Membludak

Berita 24 Indonesia - Kekacauan melanda beberapa pusat vaksinasi Covid-19 di kota Manila pada hari Kamis, (5/8) sebelum pemerintah Filipina...


Berita 24 Indonesia - Kekacauan melanda beberapa pusat vaksinasi Covid-19 di kota Manila pada hari Kamis, (5/8) sebelum pemerintah Filipina menerapkan lockdown di Manila selama dua minggu.

 

Ribuan orang mendatangi pusat vaksinasi demi mendapatkan suntikan dosis vaksin sebagai upaya melindungi diri dari wabah Covid-19 dan mencegah efek yang lebih berbahaya dari varian Delta.

 

Pembatasan pergerakan jarak sosial akan diberlakukan kembali untuk memperlambat penyebaran varian Delta yang sangat menular di Manila, sebuah provinsi yang terdiri dari 16 kota yang berpenduduk 13 juta orang.

 

Juru bicara Kepresidenan Harry Roque dalam sebuah pernyataan mengatakan provinsi Laguna dan kota Iloilo serta Cagayan de Oro di Filipina juga akan menerapkan pembatasan wilayah sementara mengikuti aturan pemerintah.

 

Foto-foto di media sosial menunjukkan orang-orang yang berdesak-desakan untuk menjadi yang pertama mengantre di pusat vaksinasi, kemudian mendorong pihak keamanan untuk menegakkan aturan jarak sosial.

 

Maricel Bacay (59) seorang ibu rumah tangga yang sedang mengantre pada pukul 3 pagi di depan mal di kota Antipolo, berdiri dibagian paling depan demi mendapatkan suntikan vaksinasi.

 

“Ada berita di media bahwa Anda tidak bisa masuk ke dalam mal atau supermarket jika Anda tidak membawa bukti sudah divaksinasi.” Kata Bacay kepada Reuters.

 

Jumlah kasus infeksi virus Corona di Filipina sekitar 1,6 juta kasus Covid-19 dan 28.000 kematian yang terdaftar. Filipina menjadi negara terparah kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

 

Hanya 10,3 juta orang atau 9,3% dari 110 juta penduduk Filipina yang telah divaksinasi lengkap. Pemerintah menargetkan tahun 2021 setidaknya telah mengimunisasi hingga 70 juta orang.

 

Presiden Filipina Rodrigo Duterte mengancam akan menangkap orang yang tidak mendapatkan vaksin. Bulan lalu, dia memerintahkan kepala desa untuk mencegah orang-orang di kotanya yang menolak divaksinasi meninggalkan rumah.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Vaksinasi di Dunia, Covid di Filipina, Kasus Covid di Dunia, Jumlah Kematian Covid.

Reponsive Ads