Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Era Baru AS-Indonesia, Amerika Jadi Tempat Latihan Militer Bersama

Berita 24 Indonesia - Dalam pernyataan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada hari Kamis, (5/8) Indonesia telah memasuki ‘era baru...


Berita 24 Indonesia - Dalam pernyataan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi pada hari Kamis, (5/8) Indonesia telah memasuki ‘era baru’ hubungan bilateral dengan Amerika Serikat ketika tentara militer kedua negara akan latihan bersama minggu ini.

 

Sekitar 3.000 tentara akan terlibat dalam hubungan baik AS dan Indonesia. Retno kemudian menambahkan lebih banyak keterlibatan AS di Indonesia dan menyatakan harapannya untuk hubungan yang lebih erat dengan pemerintahan Joe Biden.

 

“Sebagai negara demokrasi dan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, kemitraan strategis yang kuat dengan Indonesia akan memberikan nilai tambah yang signifikan bagi keterlibatan AS di kawasan ini.” Kata Retno dalam konferensi pers.

 

“Kemitraan strategis antara negara-negara tersebut mencakup perdagangan, investasi, keamanan dan kesehatan masyarakat.” Tambahnya.

 

Kepala Staf Angkatan Darat Indonesia Jenderal Andika Perkasa dan Komandan Jenderal Angkatan Darat AS-Pasifik Charles A. Flynn mengatakan bahwa mereka berharap latihan bersama akan meningkatkan kemampuan militer dan hubungan bilateral yang baik.

 

Latihan bersama "Garuda Shield" akan berlangsung antara 1-14 Agustus dan melibatkan lebih dari 3.000 tentara.

 

Amerika Serikat berusaha untuk menopang posisinya di Asia Tenggara untuk melawan pengaruh China. Namun Indonesia juga memiliki hubungan baik dengan Beijing, karena bergantung pada vaksin buatan China sebagai bagian dari program inokulasi nasional.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Hubungan Bilateral, Amerika Serikat dan Indonesia.

Reponsive Ads