Mobile Menu

navigasi

More News

Elektabilitas Turun, Yoshihide Kembali Calonkan Diri untuk Perdana Menteri Jepang

14.29

Berita 24 Indonesia - Partai penguasa Demokrat Liberal (LDP) mengonfirmasi akan mengadakan pemilihan untuk memilih presiden pada 29 September, kata salah seorang pejabat partai pada Kamis, (26/8).

 

Sebelumnya, Perdana Menteri Yoshihide Suga menjabat September lalu dengan dukungan sekitar 70%, setelah Shinzo Abe berhenti dengan alasan kesehatan yang buruk. Suga masih memimpin Jepang hingga akhir bulan depan karena masa jabatannya akan segera berakhir.

 

Saat ini elektabilitas perdana menteri telah turun di bawah 30% karena kurangnya dukungan yang diberikan dengan alasan pemerintah Jepang gagal memerangi gelombang terburuk infeksi Covid-19.

 

Perdana Menteri Yoshihide Suga kemungkinan akan menghadapi satu atau lebih penantang dalam persaingan kepemimpinan Partai Demokrat Liberal saat ia berjuang dengan dukungan yang runtuh menjelang pemilihan umum yang harus diadakan.

 

Mantan menteri luar negeri Fumio Kishida (64), diperkirakan akan mengumumkan pencalonannya untuk pemilihan LDP.

 

Suga mengatakan dia berencana untuk mencalonkan diri kembali sebagai presiden LDP, yang berarti tetap menjadi perdana menteri karena mayoritas partai di majelis rendah. Pemilihan pimpinan partai diperkirakan akan diadakan pada 29 September.

 

Sekretaris Jenderal LDP Toshihiro Nikai, yang merupakan kunci kemenangan Suga tahun lalu, mengatakan bahwa dia masih mendukung perdana menteri. Ketua partai lain telah bungkam di depan umum.

 

Kishida salah seorang anggota parlemen dari Hiroshima telah dinantikan sebagai pewaris pilihan Shinzo Abe. Tapi Kishida kalah dalam pemilihan partai berikutnya setelah faksi bersatu di sekitar Suga, yang telah menjadi tangan kanan Abe selama delapan tahun.

 

Pesaing lama Suga, Sanae Takaichi mantan menteri urusan dalam negeri yang juga merupakan murid Abe ingin menjadi perdana menteri wanita pertama Jepang dan mantan menteri pendidikan konservatif Hakubun Shimomura siap bersaing dalam kursi kepemimpinan Jepang yang akan datang.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pemilu di Jepang, Yoshihide Suga, Perdana Menteri Jepang, Elektabilitas Pemerintah.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar