Mobile Menu

navigasi

More News

Baru! E-Sport Jadi Cabang Olahraga Baru di PON XX Papua

14.45

Berita 24 Indonesia - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 resmi akan menghadirkan olahraga elektronik (e-sport) menjadi salah satu cabang olahraga.

 

Pengurus Besar E-sports Indonesia (PB ESI) meluncurkan platform Garudaku sebagai persiapan laga tersebut. Ketua Pelaksana Eksibisi e-sport PON XX Papua 2021 Gloria Famiela mengatakan akan ada tiga game online yang masuk dalam cabor e-sports yaitu Free Fire, Mobile Legends, dan eFootball PES 2021.

 

“Total akan ada empat game yang akan dipertandingkan, di antaranya Free Fire, eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Lokapala,” ujarnya dalam konferensi virtual, Jumat, (20/8).

 

Namun untuk game lokal Lokapala, panitia tengah dalam tahap pembahasan teknis dengan pihak pengembang yaitu Anantarupa.

 

Sebagai langkah awal penyelenggaraan eksibisi e-sports PON Papua, PB ESI merilis platform digital khusus dengan nama Garudaku, yang akan digunakan mulai dari proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan.

 

Adapun pemilihan game-nya sendiri diklaim sudah melewati proses diskusi dan screening yang panjang dengan mempertimbangkan sejumlah hal, salah satunya adalah kepemilikan perangkat komputer (PC) di pelosok Indonesia.

 

“Di daerah-daerah, PC itu (mungkin) ada kesulitan karena tidak semua orang punya PC. Jadi, game (yang dipertandingkan) harus memenuhi kemampuan itu dari segi teknisnya,” kata Frengky Ong Sekjen PB ESI.

 

Adapun game MOBA dan battle royale sendiri akan dipertandingkan secara beregu pada platform mobile. Sementara itu untuk game sepak bola dilakukan secara perorangan dan ganda pada platform konsol.

 

Frengky melanjutkan, cabor e-sports PON XX Papua 2021 ini terbuka untuk umum bagi gamer Indonesia di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota, dan pendaftarannnya sudah dibuka sejak 18 Agustus kemarin.

 

Akan dilakukan kualifikasi terlebih dahulu untuk semua game online mulai dari 26 Agustus-5 September 2021 sampai menemukan pemain terbaik dari setiap provinsi yang akan berlaga di PON.

 

Setelah itu akan ada Pra-PON di fase kedua dengan mempertemukan 34 provinsi secara daring. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan 11 tim terbaik dari setiap provinsi dari game online free fire, 5 tim Mobile Legends dan e-Football PES 2021.

 

Seluruh tim yang lolos nantinya akan diterbangkan ke Papua dan akan bergabung dengan tim tuan rumah. Para atlet nantinya akan bertanding pada 22-26 September 2021 di event utama Eksibisi E-Sport PON XX Papua 2021.

 

Tags: Game Online, Pon Papua, Game Mobile, Game PC.

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar