Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

AS Berencana Libatkan ASEAN Untuk Perpolitikan Myanmar

Berita 24 Indonesia - Pemerintahan Myanmar yang berkuasa saat ini Jenderal junta militer Min Aung Hlaing mengulur waktu dalam mengadakan ...


Berita 24 Indonesia - Pemerintahan Myanmar yang berkuasa saat ini Jenderal junta militer Min Aung Hlaing mengulur waktu dalam mengadakan pemilihan pemimpin baru dalam dua tahun sistem pemerintahan di Myanmar.

 

Salah seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri mengatakan mereka harus mendapatkan tekanan dari negara-negara Asia Tenggara lainnya untuk mempercepat pemilihan pemimpin baru.

 

“Jelas bahwa junta Burma hanya mengulur waktu dan ingin terus memperpanjang kalender kepemimpinan untuk keuntungannya sendiri.” Kata pejabat itu kepada wartawan.

 

“Jadi, semakin banyak alasan mengapa ASEAN harus terlibat dalam hal ini dan menjunjung tinggi kesepakatan yang sudah ditandatangani Myanmar dan negara ASEAN lainnya.” Tambahnya.

 

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan rekan-rekan regional mengatakan Washington telah mengusulkan perluasan keterlibatan dengan ASEAN untuk memasukkan kesepakatan lima dialog, yang diharapkan bisa segera disetujui.

 

Selain pembicaraan tingkat menteri AS-ASEAN, Blinken juga akan berpartisipasi secara virtual dalam pertemuan tingkat menteri KTT Asia Timur, Forum Regional ASEAN (ARF), Mekong-AS, Kemitraan dan inisiatif Friends of Mekong.

 

Washington berusaha menunjukkan melalui partisipasi Blinken dalam pertemuan regional lima hari berturut-turut bahwa pemerintahan Biden serius untuk terlibat dengan sekutu dan mitra dalam upayanya untuk melawan pengaruh China yang semakin besar.

 

Diharapkan Blinken mampu untuk memberikan rencana kepada para menteri ASEAN tentang dukungan AS yang berkelanjutan untuk Asia Tenggara dalam perang melawan Covid-19.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Pemerintahan Myanmar, KTT ASEAN, Menteri Luar Negeri AS.

Reponsive Ads