Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

3 Penjelasan Kerjasama Antara ASEAN - AS, Ini Kata Menlu RI

Berita 24 Indonesia - AMM/PMC ke -45 telah diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2021 secara virtual. Menteri Luar Negri RI hadir dalam per...



Berita 24 Indonesia - AMM/PMC ke -45 telah diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2021 secara virtual. Menteri Luar Negri RI hadir dalam pertemuan tersebut. 

Dalam pertemuan tersebut telah diserahterimakan posisi koordinator dialog kemitraan dengan Amerika Serikat periode 2021-2024 dari negara Laos ke Indonesia.

Berikut rencana kerjasama yang disampaikan oleh Menlu RI Retno untuk tiga tahun ke depan dengan ASEAN dan AS : 

1. Kerjasama kesehatan masih akan menjadi salah satu prioritas kerjasama antara ASEAN dan AS.

Pada kerjasama yang pertama, untuk jangka pendek dilakukan memenuhi kebutuhan vaksinasi Covid-19 dan obat-obatan terapatik negara ASEAN.

Sementara untuk jangka panjang, Indonesia mendorong kerjasama terkait capacity building, transfer teknologi manufaktur vaksin dan upaya membangun ketahanan kesehatan kawasan.

ASEAN - Amerika Serikat pun melanjutkan kerjasama untuk mendukung kampanye vaksinasi dan mencegah terjadinya kebijakan deskriminatif terhadap vaksinasi Covid-19/. 

2. ASEAN - Amerika Serikat mengembangkan kerjasama konkrit dalam konteks implementasi ASEAN Outlook on the Indo - Pacific

Kerjasama tersebut harus didasarkan pada prinsip yang inklusif, terbuka, dan transparan, serta rules-based

Kerjasama konkrit ini yang sangat diharapkan yakni; maritim, konektivitas, pencapaian SDG's, serta perdagangan, dan investasi. 

Hal ini dapat membangun kepercayaan dan menciptakan lingkungan perdamaian, serta kesejahteraan di Indo - Pasifik

3. Meningkatkan kerjasama di bidang; Women, Peace dan Security, green and sustainable recovery, human capital development, dan keamanan maritim. 

Dalam pertemuan dengan Menlu ASEAN dan Menlu AS telah menghasilkan satu outcome document berupa progress report on the implementation of the plan of action to implement the ASEAN US Stategic Partnership (2021-2025). 

yang dimana melaporkan perkembangan kerjasama pada bidangnya masing-masing, seperti; politik-keamanan, ekonomi, sosial-budaya, dan pembangunan. 

Dilansir dari laman resmi kemlu, diketahuin bahwa kemitraan antara ASEAN - AS dimulai sejak tahun 1977, dan juga telah ditingkatkan ke level kemitraan strategis di tahun 2015.

Selama 44 tahun, Amerika Serikat menjadi mitra penting bagi ASEAN untuk dapat menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan, serta kerjasama di berbagai bidang. 

(Sumber : Kemlu)



Reponsive Ads