Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Terinspirasi Armageddon, China Siap Kirim Roket Untuk Menghentikan Asteroid

Berita 24 Indonesia -  Berdasarkan film fiksi ilmiah, China berencana akan mengirim lebih dari 20 roket untuk mencoba membelokkan asteroid y...


Berita 24 Indonesia - Berdasarkan film fiksi ilmiah, China berencana akan mengirim lebih dari 20 roket untuk mencoba membelokkan asteroid yang mengarah ke bumi.

 

Pusat Sains Luar Angkasa Nasional China menemukan dalam simulasinya, bahwa 23 roket Long March 5 yang menghantam secara bersamaan dapat membelokkan asteroid besar dari jalur aslinya.

 

Roket Long March 5 adalah kunci ambisi luar angkasa jangka pendek China. Mulai dari mengirimkan modul stasiun luar angkasa hingga meluncurkan wahana ke Bulan dan Mars.

 

China telah berhasil meluncurkan enam roket Long March 5 sejak 2016, dengan yang terakhir menyebabkan beberapa masalah keamanan karena sisa-sisanya masuk kembali ke atmosfer pada bulan Mei.

 

Tidak mau kalah dengan China, Amerika berencana akan meluncurkan pesawat ruang angkasa nirawak tahun depan untuk mencegah dua asteroid yang mengarah ke bumi.

 

Pesawat ruang angkasa NASA akan mendarat di bagian yang lebih kecil untuk mengamati perubahan lintasan benda langit tersebut. hal ini akan menjadi percobaan pertama umat manusia untuk mengubah arah benda langit.

 

“Perkiraan saat ini menunjukkan 1% kemungkinan asteroid berdiameter 100m akan menabrak Bumi dalam 100 tahun ke depan,” kata Profesor Gareth Collins di Imperial College London.

 

Mengubah jalur asteroid memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan meledakkannya dengan bahan peledak nuklir yang dapat membuat pecahan lebih kecil tanpa mengubah arahnya.

 

Sumber: Reuters, Tingshu Wang

 

Tags: Roket China, Stasiun Ruang Angkasa China, Benda Langit, Asteroid

Reponsive Ads