Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Perundingan Perdamaian Taliban–Afghanistan Kembali Diadakan

Berita 24 Indonesia -  Juru Bicara Gerilyawan Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan Taliban berencana untuk mengajukan proposal perdamaian ...



Berita 24 IndonesiaJuru Bicara Gerilyawan Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan Taliban berencana untuk mengajukan proposal perdamaian tertulis kepada pihak pemerintah Afghanistan bulan depan.

 

Pekan lalu, para pemimpin Taliban memperbarui pembicaraan lama dengan para utusan pemerintah Afghanistan terkait perjanjian perdamaian di ibukota Qatar, Doha.

 

“Pembicaraan dan proses perdamaian akan dipercepat dalam beberapa hari mendatang, diharapkan sudah memasuki tahap penting tentang rencana perdamaian,” kata Zabihullah Mujahid kepada Reuters (5/7).

 

Zabihullah menambahkan, pembicaraan mungkin akan memakan waktu satu bulan untuk mencapai tahap penting bagi kedua belah pihak atas perundingan perdamaian tertulis mereka.

 

Meningkatnya pertempuran dan pelarian ribuan anggota pasukan keamanan Afghanistan telah menimbulkan keraguan tentang perundingan perdamaian. Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan satu-satunya penyelesaian 40 tahun perang di Afghanistan adalah dengan perundingan damai untuk kedua belah pihak.

 

Saat ini Taliban memang sudah diatas angin terkait perang tersebut. Ratusan pasukan keamanan Afghanistan telah melarikan diri ke Tajikistan dalam menghadapi kemajuan persenjataan Taliban.

 

Sementara pemindahan Pangkalan Udara Bagram ke tentara Afghanistan menambah momentum pada upaya Taliban untuk merebut kendali atas distrik-distrik baru.


sumber : Reuters, Ibraheem al Omari


Tags: Afghanistan, Internasional, Perang,, Perdamaian, Taliban.

Reponsive Ads