Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Simak Alur Pelayanan 11 Platfrom Telemedisin Untuk Pasien Isoman Covid-19

  Berita 24 Indonesia -  Kementerian Kesehatan bekerjasama dengan 11 platfrom layanan telemedesin untuk dapat memantau para pasien yang is...

 

Berita 24 IndonesiaKementerian Kesehatan bekerjasama dengan 11 platfrom layanan telemedesin untuk dapat memantau para pasien yang isolasi mandiri (Isoman).

Dalam hal ini tentu untuk menjawab pasien untuk konsultasi dan pemantauan oleh tenaga kesehatan serta mendapatkan pernyataan yang benar sesuai gejala yang di alami secara gratis. permulaan pelayanan telemedisin gratis baru dibarlalukan di DKI Jakarta.


" Kita melakukan pelayanan telemedisin karena kalau sekarang harus datang kerumah sakit, konsultasi dengan dokter akan susah. karena akan menambah resiko. Maka kita bekerjasama dengan dengan 11 platfrom telemedisin untuk pengiriman obat secara gratis " Kata Menkes Budi Gunadi Sadikin, Jum'at (9/7/2021), dikutip dari laman resmi Kemenkes.


Berikut Alur Pelayanan Telemedisin Untuk Pasien Isoman : 


1.      Tes PCR/Swab Antigen
Pasien melakukan tes PCR/swab antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima pesan WhatsApp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis
.


2.      Konsultasi Daring
a. Pasien bisa melakukan konsultasi daring dengan dokter di salah satu dari 11 platform layanan telemedisin secara gratis dengan klik tautan atau link yang terdapat dalam WA dari Kemenkes dan memasukkan kode voucher di aplikasi terpilih.
b. Pasien melakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.


3.      Resep Digital
Setelah melakukan konsultasi secara daring, dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.


4.      Tebus Resep
a. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengirim pesan WhatsApp ke salah satu gerai apotek Kimia Farma yang bekerja sama.
b. Pasien harus mengirimkan resep digital (PDF atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan alamat pengiriman ke nomor WhatsApp Kimia Farma yang dituju.
c. Obat dan/atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan.


5.      Pengiriman Obat
Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman dari Sicepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien. Hanya pasien dengan nomor terdaftar di database Kemenkes (NAR) dan memiliki kasus aktif yang berhak mendapatkan obat dan vitamin.


      Baca Selengkapnya : Pemerintah Daerah Jawa BaratMenyaluran Bantuan Obat Dan Suplemen Vitamin Kepada Pasien Isoman Covid-19


      Layanan yang bekerja sama dengan 11 platfrom telemedisin diantaranya; Alodokter, GetWell, Good Doctor/GrabHealth, Halodoc, KlikDokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, dan Yesdok.


       “ Jadi mereka [platform telemedisin] mau memberikan layanan konsultasi dokter yang gratis setiap hari selama masa inkubasi 14 hari mereka akan tinggal. Mereka juga nanti akan bisa mengeluarkan resep obatnya, mereka juga bisa berhubungan dengan lab-lab yang sudah diakreditasi oleh Kementerian Kesehatan untuk melihat pasien positif atau tidak, dan nanti akan menyambungkanke apotek-apotek di mana kita nanti akan mengirimkan obatnya atau juga pasiennya bisa ambil sendiri ke apotek di Jakarta” tutur Menkes.


      Melansir dari laman Kemenkes bahwa Menkes Budi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama untuk menyediakan layanan ini.


      ( Sumber Gambar : Setkab RI )

      

      Tags : 11 Platfrom Telemedicine, Mafia Obat

Reponsive Ads