Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Sidang Isbat Iduladha 2021 Dilakukan Sore Ini

Berita 24 Indonesia -   Kementerian Agama (Kemenag) sore ini akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Zulhijah 1442 H secara daring ...


Berita 24 Indonesia - Kementerian Agama (Kemenag) sore ini akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Zulhijah 1442 H secara daring (online). Sidang kali ini akan menentukan Iduladha yang jatuh setiap 10 Zulhijah.

 

Sidang isbat akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dari kediamannya di Rumah Dinas Menteri Agama, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta.

 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Moh Agus Salim mengatakan sidang isbat dilakukan secara online karena PPKM Darurat.

 

“Karena masih dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat, maka sidang isbat nanti sore, seluruhnya akan dilakukan secara daring. Dan Bapak Menteri Agama akan memimpin dari kediamannya di Widya Chandra,” kata Agus Salim dalam siaran pers, Sabtu (10/7/2021).

 

Sidang isbat juga akan melibatkan sejumlah unsur masyarakat. Mulai dari Duta Besar Negara Sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), pimpinan Ormas Islam, dan lainnya.

 

Sidang akan disiarkan melalui channel Youtube Kemenag RI, Bimas Islam TV dan sejumlah stasiun televisi nasional dan swasta.

 

Lebih lanjut, Agus menjelaskan jadwal pelaksanaan sidang isbat akan terbagi dalam tiga tahap. Sesi pertama, dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Thomas Djamaluddin.

 

Sesi kedua, sidang Isbat dimulai setelah Magrib dan dipimpin oleh Menag secara daring. Sidang diawali dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari sejumlah titik di Indonesia.

Dan sesi ketiga, Menteri Agama mengumumkan hasil sidang isbat 1 Zulhijah 1442 H, (sekaligus penentuan Idul Adha 1442 H) secara telekonferensi pers dan siaran langsung tersebut.


Sumber: ANTARA 


Tags: Sidang Isbat, Kementerian Agama, Kapan Awal Zulhijah 1442H, Kapan Idul Adha2021.

Reponsive Ads