Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Presiden Jokowi Melantik 700 Perwira Remaja TNI-Polri Di Istana Negara Jakarta

Berita 24 Indonesia - Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (13/7/2021) melantik dan mengambil sumpah kapada 700 orang calon perwira remaja t...


Berita 24 Indonesia - Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (13/7/2021) melantik dan mengambil sumpah kapada 700 orang calon perwira remaja tentara nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia di halaman Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut dilakukan bersamaan dengan upacara prasetya perwira (Praspa) TNI-Polri 2021.

Pengambilan sumpah dilakukan secara simbolis yang diwakili oleh  4 perwira menurut agama yang dianut. 

pewakilan tersebut diantaranya; Reyhan Wirawan (Akademi Militer) sebagai perwakilan beragama Islam, Besty Chrisabel Tambunan (Akademi Angkatan Laut) sebagai perwakilan beragama protestan, Veronika Vinelia Saragi Sidabutar (Akademi Angkatan Udara) sebagai perwakilan agama katolik, dan I Gede Agung Sukamara (Akademi Kepolisian) sebagai perwakilan beragama Hindu.

" Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 " Ujar Presiden Jokowi saat mendiktekan sumpah kepada 700 calon perwira TNI dan Polri, dikutip dari laman Setpres

Dari 700 orang yang dilantik oleh Presiden Jokowi terdiri atas lulusan akademi militer sebanyak 227 orang, lulusan akademi angkatan laut sebanyak 101 orang, lulusan akademi angkatan udara sebanyak 91 orang, dan lulusan akademi kepolisian sebanyak 281 orang. 

Pelantikan tersebut didasarkan pada surat keputusan Presiden RI untuk TNI dengan Nomor 85/TNI Tahun 2021 dan surat keputusan Presiden untuk Polri dengan Nomor 66/Polri Tahun 2021. 

" Saya berpesan antarorganisasi pemerintahan dan kenegaraan harus saling bersinergi dan saling mendukung. Antara TNI dan Polri dengan komponen bangsa yang lain harus bersinergi untuk kebaikan dan kemajuan bangsa. Lebih khusus lagi, antara anggota dan institusi TNI dan Polri harus saling bersinergi, saling bahu-membahu dalam menjalankan tugas yang semakin berat " Kata Presiden Jokowi. 

Lanjut Jokowi mengingatkan kepada 700 perwira yang dilantik. bahwa tanggung jawab mereka sangatlah besar. Para perwira harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang Ideologi dari luar. 

Lalu Para perwira juga dituntut untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antar anak bangsa, dan menjaga persatuan dalam keragaman Indonesia. 

" Saudara harys memegang teguh kode etik perwira, dan jati diri sebagai perwira TNI dan Polri. Junjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakkan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing dan melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme, dan penuh rasa percaya diri. " Tegasnya

Upacara Praspa berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sabagian besar dari para perwira tersebut mengikuti jalannya prosesi acara melalui konferensi video di masing-masing akademi angkatan dan kepolisian. 


(Sumber : Setpres RI | Foto : Instagram/@jokowi)




Reponsive Ads