Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Pemerintah Korea Selatan Berencana Membuat vaksin Covid 19 Hingga 1 Miliar Dosis

Berita 24 Indonesia, Seoul -  Pejabat senior pemerintahan Korea Selatan sedang dalam pembicaraan dengan para ahli dalam pembuatan vaksin Co...




Berita 24 Indonesia, SeoulPejabat senior pemerintahan Korea Selatan sedang dalam pembicaraan dengan para ahli dalam pembuatan vaksin Covid 19 mRNA Pfizer dan Moderna untuk 1 miliar dosis.

 

Dilansir dari Reuters (5/7), rencana tersebut nantinya akan membantu pasokan vaksin Covid 19 di seluruh dunia terutama di kawasan Asia yang saat ini tertinggal dalam program vaksinasi dari benua Amerika dan Eropa. Nantinya, Korea Selatan akan menjadi pusat pembuatan vaksin di kawasan Asia.

 

Saat ini Korea Selatan telah memiliki kesepakatan untuk memproduksi tiga vaksin corona yakni AstraZeneca, Novavax, dan Sputnik V. Pemerintah Korea Selatan juga sedang dalam pembicaraan dengan beberapa perusahaan farmasi BioNTech, Moderna, dan CureVac terkait ijin dan lainnya.

 

“Kami sudah sering membicarakan dengan perusahaan farmasi besar lainnya untuk memproduksi vaksin mRNA,” kata Lee Kang-ho, Direktur Jenderal Komite pusat vaksin global Kementerian Kesehatan Korea Selatan.

 

Namun perusahaan farmasi besar ini enggan memberikan komentar terkait ketersediaan Korea Selatan untuk memproduksi vaksin dalam membantu meningkatkan program vaksinasi di kawasan Asia.

 

Sebelumnya Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In telah membentuk kemitraan tentang vaksin Covid 19 dengan Presiden AS Joe Biden dan Organisasi Kesehatan Dunia.

 

Pembuat vaksin mRNA kemungkinan enggan untuk berbagi pengetahuan dan teknologi pada tim pengembang vaksin Korea, tetapi mereka dapat mengambil keuntungan dari pemasok bahan baku Korea Selatan seperti lipid, nukleotida, dan reagen capping.

 

“Mereka mampu mengembangkan bahan mentah tersebut untuk membuat vaksin. Pemerintah Korea Selatan berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan dunia termasuk finansial dan administrasi.” Tambah Lee.

 

Korea Selatan memiliki kesepakatan untuk membeli vaksin mRNA Pfizer dan Moderna sekitar 106 juta dosis kepada 52 juta penduduk Korea tahun ini. Pemerintah juga akan membeli lebih banyak vaksin Covid 19 untuk digunakan di masa mendatang.


Sumber: Reuters, Chung Sung-Jun


Tags: Covid19, Internasional, Korea Selatan, Vaksinasi.

Reponsive Ads