Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Inggris Kirim Dua Kapal Perang ke Perairan Asia

Berita 24 Indonesia - Inggris akan menempatkan dua kapal perang di perairan Asia. Setelah kapal induk Ratu Elizabeth dan dua kapal peng...


Berita 24 Indonesia - Inggris akan menempatkan dua kapal perang di perairan Asia. Setelah kapal induk Ratu Elizabeth dan dua kapal pengawalnya tiba di perairan Asia September lalu, dua kapal perang Inggris ikut berlayar ke Jepang untuk bersaing mendapatkan pengaruh dengan AS dan Jepang.

 

Rencana kunjungan kapal induk Ratu Elizabeth datang ketika, London memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo. Kekhawatiran Inggris dan Jepang meningkat dalam beberapa bulan terakhir atas ambisi teritorial China di kawasan tersebut termasuk Taiwan.

 

Mengikuti kelompok penyerang, Inggris akan menugaskan dua kapal di kawasan tersebut akhir tahun ini,” kata menteri pertahanan Inggris Ben Wallace, dalam pengumuman bersama di Tokyo dengan mitranya dari Jepang, Nobuo Kishi.

 

Setelah kedatangan dua kapal perang, kapal induk Ratu Elizabeth dan kapal pengawalnya akan berpisah untuk panggilan pelabuhan terpisah ke pangkalan angkatan laut AS dan Jepang di sepanjang kepulauan Jepang.

 

“Kami berkomitmen pada jaringan sekutu, mitra yang saling terhubung, dan bekerja sama serta mendukung kebebasan navigasi dan tatanan berbasis aturan di kawasan Indo-Pasifik.” Kata Juru Bicara Pentagon dalam sebuah pernyataan.

 

Sebagai sekutu dekat AS, Jepang menjadi markas pasukan militer AS terbesar di luar Amerika Serikat, termasuk kapal, pesawat terbang, dan marinir.

 

Kapal induk Inggris yang membawa jet siluman F-35B dalam pelayaran perdananya, berlabuh di Yokosuka markas komando armada Jepang dan USS Ronald Reagan.

 

Sumber: Reuters

 

Tags: Kapal Induk Ratu Elizabeth, Hubungan AS dan Jepang.

Reponsive Ads