Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Wapres RI Menghadiri HANI 2021, 4 Langkah Strategis RAN P4GN

Berita 24 Indonesia - The United Nations Office On Drugs And Crime (UNODC) yang merupakan tren global penyalahgunaan narkoba memperkirakan...


Berita 24 Indonesia - The United Nations Office On Drugs And Crime (UNODC) yang merupakan tren global penyalahgunaan narkoba memperkirakan obat - obat terlarang (narkoba) akan terus meningkat bahkan mencapai 11 persen pada tahun 2030 mendatang, dan 275 juta pengguna di tahun 2020

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma'ruf Amin meminta kepada Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk segera melakukan tindakan strategis dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

" Saya meminta kepada BNN RI yang merupakan leading sector dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika dan prekusor narkotika (P4GN) untuk melakukan langkah-langkah startegis " Kata Wapres RI  K.H Ma'ruf Amin saat menghadiri acara peringatan anti narkotola internasional (HANI) 2021, melalui konferensi video di kediaman Wapres Jakarta Pusat, Senin (28/6/2021).

Lanjut Wapres menjelaskan 4 langkah starategis yang dapat ditampuh BNN dalam rangka melaksanakan instruksi presiden Nomor 2 Tahun 2020 mengenai rencana aksi nasional P4GN tahun 2020-2024 (RAN P4GN).

Pertama, memperkuat intervensi ketahanan keluarga, mengedukasi secara dini kepada anak-anak, dan masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba,serta mendorong partisipasi lembaga terkait, lembaga pendidikan, dan organisasi serta kelompok masyarakat.

Kedua, mengintervensi daerah bahaya narkoba agar menjadi daerah yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Ketiga, meningkatkan penyediaan layanan rehabilitas melalui intervensi berbasis masyarakat, meningkatkan, dan mempertahankan kualitas layanan rehabilitas sesuai standar nasional yang didukung dengan peningkatan kualitas SDM dalam pelaksanaan rehabilitas.

Keempat, memperkuat dan memperluas jejaring kerjasama pencegahan, dan pemberantasan narkotika baik pada level dalam negri, domestik, maupun internasional.

" RAN P4GN ini akan dapat berjalan secara optimal dengan adanya kerja inklusif dan kolaborasi dari Kementerian, lembaga, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakat Indonesia " Ujarnya.

Kemudian selain itu, Wapres juga menghimbau kepada seluruh pihak untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara disiplin sebagai upaya mengurangi penyebaran Covid-19.

" Saya juga minta kepada seluruh pihak yang terkait, untuk berjuang bersama menjadi pelapor dalam melawan narkoba dan pandemi Covid-19, dengan senantiasa melakukan pencegahan dan perlindungan keluarga dari narkoba, serta menerapkan protokol kesehatan secara disiplin " Pungkasnya.

( Sumber dan Foto : BPMI Wapresri)

Reponsive Ads