Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2021 Akan Digelar oleh Kemenag Tanggal 11 Mei 2021

Berita 24 Indonesia - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Syawal 1442 Hijriah pada Selasa (11/5/...


Berita 24 Indonesia - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal bulan Syawal 1442 Hijriah pada Selasa (11/5/2021) mendatang. sidang ini akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. 

Di tengah masa pandemi Covid 19, sidang isbat akan dilakukan secara langsung dengan mantaati protokol kesehatan, dan juga tidak semua perwakilan hadir secara fisik ke Kantor Pusat Kementerian Agama, Jakarta Pusat. 

" Isbat awal Syawal digelar pada tanggal 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring. Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas " Terang Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin tertulis dalam siaran pers, Rabu (5/5/2021), 

Lanjut Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan kepada panitia agar segera menyiapkan pertemuan di zoom meeting untuk peserta sidang, dan juga sedikan untuk para awak media karna untuk peliputan akan dilakukan secara terbatas.

" Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI. kami juga memanfaatkan media sosial Kemenag untuk melakukan live streaming. " Ujar Kamaruddin. 

Penjelasan Mengenai Sidang Isbat awal bulan Syawal 1442 Hijriah 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan bahwa tahapan sidang isbat nanti dilakukan sebagaimana pada awal Ramadhan lalu. 

Untuk sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, yakni memamparkan posisi hilal Awal Syawal 1442 Hijriah oleh anggota tim unifikasi kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya. 

Lalu setelah Magrib, sidang isbat dipimpin langsung oleh Mentri Agama, diawali dengan mendengarkan laporan data hisab dan hasil rakyatul hilal.

Kementrian Agama akan menjadwalkan rakyatul hilil pada 88 titik di seluruh Indonesia. untuk DKI Jakarta misalnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan di Gedung Kantor Wilayah Kementrian Agama DKI Jakarta yang berada di Lantai 7, Masjid Al-Musyariin Basmol Jakarta Barat, Pulau Karya Kepulauan Seribu, dan Masjid KH. Hasyim Asy'ari Jakarta Barat.

"Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secera telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan Live Streaming medsos Kemenag " tutupnya. (Sumber : Kementerian Agama | Foto : JawaPos | Penulis : Antania)

Reponsive Ads