Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Pemerintah Indonesia Siang Ini Akan Mengirimkan Bantuan Hibah Penanganan Covid-19 Ke Negara India

Berita 24 Indonesia - Menteri Luar Negri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan hibah pena...


Berita 24 Indonesia - Menteri Luar Negri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan mengirimkan bantuan hibah penanganan pandemi Covid-19 ke negara India, Rabu siang (12/5) pukul 14.00 WIB. 

" Atas arahan Presiden RI pada siang hari ini pukul 14.00 WIB, dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia, Indonesia akan memberangkatkan bantuan hibah kemanusiaan Indonesia ke India " Ujar Menlu Retno LP Marsudi di Bandara Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten (12/5/2021), dikutip dari laman setkab. 

Bantuan hibah penanganan Covid-19 yang akan diberikan ke negara India yakni berupa 200 unit oksigen konsentrator. 

Sebelumnya, pada tanggal 10 Mei 2021 lalu, Pemerintah Indonesia bersama asosiasi dan pelaku industri Indonesia juga telag mengirimkan 1.400 tabung oksigen silinder ke India. 

Menlu Retno mengatakan oksigen adalah salah satu kebutuhan mendesak dalam penanganan Covid-19 di negara India. 

" Bantuan kemanusiaan ini adalah wujud solidaritas bangsa dan rakyat Indonesia kepada India. Bantuan kemanusiaan ini diharapkan dapat membantu India dalam menangani pandemi Covid-19." Ucap Menlu.

Kemudian dalam keterangan pers, Menlu mengatakan bahwa hubungan Indonesia dengan India telah terjalin sejak zaman pemerintahan Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru

" Indonesia dan India adalah sahabat lama, sahabat dekat sekaligus mitra strategis. Persahabatan dua negara telah terjalin sejak masa Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Pandit Jawaharlal Nehru. Sampai sekarang di masa pemerintah Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Modi " Ungkapnya.

Lalu, Menlu menambahkan sejak awal pandemi Covid-19 Indonesia dan India telah bekerjasama untuk melawan virus Covid-19. 

" Di awal masa pandemi, saya masih ingat betul karena saya langsung melakukan komunikasi dengan Menteri Luar Negri India, bagaimana pemerintah India memfasilitasi sehingga ekspor bahan baku obat pada saat itu sangat diperlukan oleh Indonesia dapat diperoleh Indonesia " tuturnya. 

Dalam hal ini, Pemerintah India juga berperan penting untuk mendukung pengadaan vaksinasi melalui kerangka multilateral Covax Facility. 

Lalu, Menlu mengatakan bahwa bantuan ini bukan bantuan yang pertama yang diberikan Indonesia untuk penanganan Covid-19 bagi negara sahabat. di awal pandemi yang terjadi di Negara Wuhan,China, Indonesia juga memberikan bantuan alat kesehatan seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizer. 

Indonesia juga memberikan bantuan kepada Palestina dan negara-negara Pasifik serta berkontribusi melalui CEPI untuk mendukung akses setara vaksin bagi semua negara. 

" Kita meyakani untuk berhasil melawan pandemi solidaritas, kolaborasi, dan kerjasama merupakan sebuah keharusan. No country should be left behind. No one is safe until everyone is. Hanya dengan spirit solidaritas dan kerja sama kita dapat keluar dari pandemi ini sebagai pemenang. recover together, recover stronger. " Pungkasnya. ( Sumber : Setkab | Foto : Setkab | Penulis : Antania)

Reponsive Ads