Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Presiden RI Jokowi dan Kanselir Jerman Merkel Melakukan Pertemuan Bilateral Secara Virtual

Berita 24 Indonesia - Presiden RI Joko Widodo Sore tadi melakukan (13/4) melakukan pertemuan bilateral virtual dengan Kanselir Jerman Angel...



Berita 24 Indonesia
- Presiden RI Joko Widodo Sore tadi melakukan (13/4) melakukan pertemuan bilateral virtual dengan Kanselir Jerman Angela Merkel. Pertemuan ini dilakukan sehari setelah pembukaan pameran Hannover Messe 2021.

Melansir setkab Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai negara mitra dalam pameran Hannover Messe 2021, serta meyakini bahwa mitra ini akan bermanfaat dalam memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

" Suatu kehormatan bagi Bangsa Indonesia ditunjuk sebagai negara mitra Hannover Messe 2021, dan juga nanti di tahun 2023" Ujar Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Bogor, Selasa (13/4/2021)

Lanjut Jokowi mengapresiasikan kepemimpinan Kanselir Merkel yang selama hampir 16 tahun meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia

Lalu Kanselir Merkel mengatakan tahun depan Indonesia akan menjadi ketua G-20, sementara ini Jerman menjadi ketua G-7. hal ini diharapkan dapat bersinergi terhadap prioritas kerja dengan baik antara kedua negara.

Dalam pertemuan bilateral virtual ini membahas beberapa isu bilateral, antara lain mengenai kerjasama di bidang kesehatan, ekonomi, serta perubahan iklim. 



Bidang Kesehatan, keduanya membahas mengenai penanganan virus covid-19, serta menyampaikan mengenai vaksinasi.lalu menjelaskan pula mengenai angka positif penularan covid-19 di Indonesia menurun/membaik.

" Di bulan Januari angka positif di Indonesia sempat mencapai lebih dari 14 ribu dalam satu hari, sementara dalam dua minggu ini, angka positif berkisar 4-5 ribu perhari " Ucap Jokowi 

Kemudian Jokowi pun mengatakan mengenai program vaksinasi yang sudah berjalan di negara Indonesia yakni Sinovac, dan juga Astra Zeneca.

Selanjutnya di bidang ekonomi, Kepala negara menyampaikan menganai investasi yang menjadi peran penting dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19. 

" Indonesia baru saja mengeluarkan Undang-Undang Cipta Kerja yang akan dapat mendukung kerjasama di bidang investasi " Jelas Jokowi

Lanjit Jokowi menawarkan kerjasama kepada jerman mengenai pengembangan sumber daya menusia melalui sekolah vokasi serta meningkatkan investasi industri jerman untuk dapat membangun basis produksi dan rantai pasok global Jerman di kawasan Industri Terpadu Batang.

Bidang Perubahan Iklim, kedua pimpinan di pertemuan bilateral virtual memiliki komitmen yang sama yakni terhadap upaya pengurangan emisi sesuai dengan komitemen yang telah diucapkan kepada masing-masing negara.

Salah satu contoh yang dapat mengupayakan akan lebih baik yakni dikembangkannya restorasi hutan mangrove maupun upaya pembangunan energi secara berkelanjutan.

" Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk melakukan pembangunan Hijau " Ucap Jokowi.

(Photo : BPMI Setpres | Penulis : Antania)





Reponsive Ads