Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Kesempatan Emas Menikmati Tradisi yang Masih Melekat Sampai Saat Ini, Di Festival Lembah Baliem

Sumber: instagram/alqalmakiyah Berita 24 Indonesia, Papua – Lembah Baliem Wamena merupakan daerah yang memiliki kebudayaan adat dan tradisi ...

instagram @alqalmakiyah
Sumber: instagram/alqalmakiyah


Berita 24 Indonesia, Papua – Lembah Baliem Wamena merupakan daerah yang memiliki kebudayaan adat dan tradisi yang sangat menarik. Kesempatan langka bisa menikmati keindahan yang tersimpan di Desa Wosilomo, Papua.

Festival Lembah Baliem merupakan salah satu kebudayaan yang menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Lembah Baliem Wamena. Festival ini berisi kegiatan perang yang dilakukan secara bohongan antara suku Dani, Suku Lani, dan Suku Yali. Festival ini sudah berlangsung turun- temurun, yang dijadikan ajang adu kekuatan antar suku. Biasanya akan berlangsung selama 3 hari dan di gelar selama bulan Agustus.

Diawali dengan adegan penculikan warga, adanya penculikan ini untuk memantik suku lainnya melakukan balas dendam. Dilanjut dengan penyerbuan lahan terbuka sampai perang pun terjadi, dan akan ada adegan pembunuhan anak suku. “Atraksi yang dilakukan di Festival Lembah Baliem Wamine memiliki nilai positif yang berarti adanya harapan akan hari esok yang harus lebih baik dari hari ini” dikutip dari Pesonaindo.com (17/3/2021).

Saat melakukan peperangan, setiap suku memakai kostum yang masih melekat dengan ada istiadat dan tradisi mereka. Pria menggunakan Koteka yang terbuat dari kulit labu air dan penutup kepala yang terbuat dari bulu cendrawasih atau kasuari. Untuk wanita menggunakan rok yang disebut dengan Sali, terbuat dari rumput dan serat pakis. Selain pakaian mereka juga menggunakan Noken atau tas tali yang digunakan diatas kepala mereka, biasanya berisi hasil buruan seperti babi dan hasil panen berupa ubi. Mereka juga bersenjatakan tombak panjang berukuran 4.5 meter.

Destinasi Wisata ini cocok sekali buat backpacker karena akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bisa menjelajah alam yang menakjubkan ini. Untuk mencapai Lembah Baliem Wamena memang sangat panjang cukup melelahkan dan menyita makan waktu, kamu harus melakukan beberapa kali transit pesawat agar bisa sampai kesana. Kamu juga harus memiliki stamina yang kuat dan menyiapkan budget yang besar, karena harga barang disana cukuplah mahal. Walau begitu, kita bisa menikmati fenomena dan pemandangan yang memukau.


Penulis : Gita Ramadhany

Sumber: Pesonaindo.com

Reponsive Ads