Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Ternyata, Orang Jepang Mandi Sebelum Tidur

Mandi adalah keperluan bagi manusia sekaligus menjadi kebiasaan yang bertujuan membersihkan badan. Di beberapa negara, kebiasaan mandi i...

Mandi adalah keperluan bagi manusia sekaligus menjadi kebiasaan yang bertujuan membersihkan badan. Di beberapa negara, kebiasaan mandi ini umumnya dilakukan di waktu padi dan sore hari, begitu pula di Indonesia. Sedangkan di Jepang, kebiasaan penduduknya mandi di malam hari, yaitu tepat sebelum mereka tidur; Dan ternyata ada beberapa alasan dibalik itu semua.

Dalam sebuah video di Youtube yang dibuat oleh seorang youtuber bernama Jerome Polin-dia adalah salah satu anak indonesia yang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya di Jepang, di Universitas Waseda-yang berkolaborasi dengan seorang wanita keturunan Indonesia dan Jepang dalam sebuah video yang berjudul "Gimana sih Rasanya Jadi Blasteran Jepang-Indonesia?" itu, salah satunya membahas kebudayaan orang jepang yang dianggap aneh oleh Jerome yaitu mandi sebelum tidur. Wanita itu menjelaskan bahwa orang jepang melakukannya karena ingin menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di badan mereka setelah melakukan aktifitas di luar rumah; Dan supaya mereka tidur dalam keadaan bersih sehingga tidak mengotori tempat tidur mereka.

Hal lain yang membuat pemuda Indonesia itu bingung adalah orang jepang tidak mandi saat ingin memulai aktifitas mereka di pagi hari. Wanita blasteran itu pun kembali mengklarifikasi, hal itu wajar karena tempat tidur mereka tidak kotor, jadi badan mereka tidak mungkin kotor. Di pagi hari, orang jepang memulai aktifitas mereka hanya dengan mencuci muka dan menggosok gigi mereka. Namun, Erika malah kebingungan dengan kebiasaan orang indonesia, mandi dua kali sehari. Menurutnya, kebiasaan itu justru membuang-buang air.

Dalam video lain yang berjudul "Mengapa Banyak Orang Jepang Baru Mandi Pada Malam Hari", kebiasaan mandi itu tidak hanya diartikan sekadar membersihkan badan tetapi juga dilakukan sebagai cara mereka untuk merilekskan badan mereka yang penat setelah beraktifitas seharian.  Umumnya, mereka mandi menggunakan air hangat untuk membuat otot-otot dan saraf-saraf yang tegang kembali rileks sehingga dapat tidur dengan nyenyak.  Selain itu, orang jepang lebih senang berendam di santo-tempat pemandian umum di Jepang-karena mereka juga bisa bersosialisi dengan warga-warga yang juga sedang berendam di sana.

Beberapa alasan tersebut masuk akal, namun mandi di malam hari bertentangan dengan kebiasaan orang di Indonesia. Orang tua mengajarkan kepada anak-anaknya, mandi di malam hari akan membuat mereka terkena penyakit paru-paru basah atau rematik. Namun, tidak ada salahnya sesekali mencoba melakukannya untuk menghilangkan penat; yang tentunya dilakukan jika tidak dalam keadaan sakit karena bukannya manfaat yang akan didapatkan malah sebaliknya.

Penulis: Muh Ikhsan
No. Hp: 085776455317
Sumber: YouTube

Reponsive Ads