Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Harga Bawang Putih Turun, RI Lanjut Impor dari China

Penjual Bawang Putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto : Berita24/Fahrullah Berita24.com - Harga komoditas bawang putih...


Penjual Bawang Putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Foto : Berita24/Fahrullah
Berita24.com - Harga komoditas bawang putih sempat melonjak naik hingga Rp 80.000/kg akibat serangan panik virus corona di China. Kini, harganya perlahan menurun hingga Rp 30.000-Rp 50.000/ kilogramnya. 

Walaupun virus Corona belum reda di China, pemerintah RI akhirnya kembali membuka izin impor bawang putih dari China dengan jumlah 1.508 ton dengan nilai 1,8 juta US Dollar.
 
Seperti yang diketahui, bawang putih yang terjual bebas di pasaran merupakan hasil impor dari China dan dengan ditetapkannya status darurat global terhadap merebaknya virus corona baru CoV/2019-nCoV, pemerintah sempat melakukan pembatasan impor sejak akhir tahun 2019 hingga awal 2020. 

Pembatasan impor ini berimbas pada langkanya pasokan bawang putih di dalam negeri serta naiknya harga bawang putih hingga mencapai Rp 80.000 per kilogram. 

Pemerintah sebelumnya telah menanggulangi permasalahan ini dengan mengambil impor dari India, tetapi hal tersebut tak bertahan lama. 

Reponsive Ads