Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

FIKES UHAMKA Siapkan Lulusan Berstandar Internasional

Praktek belajar mahasiswa FIKES UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA Berita24.com - Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah...

Praktek belajar mahasiswa FIKES UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA
Berita24.com - Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA), terus berupaya meningkatkan kualitas manajemen pendidikannya, sehingga mampu menghasilkan lulusan tenaga kesehatan yang unggul dan kompetitif yang memiliki standar kompetensi yang sesuai dengan standar kualifikasi nasional maupun internasional. 

Saat ini, FIKES UHAMKA telah memiliki 3 program studi, yaitu Program Studi Kesehatan Masyarakat (S1), Program Studi Gizi (S1) dan Teknik Kardiovaskular (D3). Dalam perjalanannya dari tahun ke tahun, masing-masing program studi mengalami perkembangan yang lebih baik dalam segi penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar, pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat, kemahasiswaan serta kegiatan Al-Islam Kemuhammadiyahan.

FIKES UHAMKA juga rutin mengadakan kerjasama baik berupa penelitian maupun acara dengan beberapa lembaga Nasional dan Internasional. Seperti Kolaborasi penelitian halal FIKES UHAMKA dengan the halal science center chulalongkorn university, Thailand yang diadakan pada 28 Agustus 2019. Penelitian ini Bertempat di Chulalongkorn University Research Building, Bangkok, Thailand.
VISI DAN MISI FIKES UHAMKA
Dengan visi menjadi institusi pendidikan tinggi kesehatan yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, FIKES UHAMKA menyusun beberapa misi strategis diantaranya :
  1. Menjadikan nilai-nilai keislaman, kemuhammadiyahan, dan ke-Indonesiaan sebagai basis berpikir dan bertindak dalam merumuskan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat.
  2. Mendidik tenaga kesehatan yang memenuhi kualifikasi nasional dan internasional.
  3. Membangun dan mengembangkan fakultas sebagai organisasi pembelajar yang kompetitif, inovatif dan berlandaskan kearifan lokal.
  4. Mengembangkan dan memperkuat manajemen fakultas yang mandiri dan mempunyai tatakelola yang baik.
  5. Menjadi mitra kerja bagi instansi terkait dan mitra bagi masyarakat dalam membantu memberikan solusi terhadap problematika yang dihadapi khususnya dalam bidang kesehatan.

FASILITAS FIKES UHAMKA
Tentunya untuk mencapai visi dan misi tersebut, FIKES UHAMKA memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan-kegiatannya. Fasilitas ini disediakan untuk meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa dalam mempelajari ilmu-ilmu kesehatan, diantara fasilitas yang tersedia adalah: 

  1. Ruang kuliah ber-AC dengan kelengkapan: LCD Projector, whiteboard dan kursi mahasiswa,
  2. ICT Centre,
  3. Ruang Kuliah dan Ruang Konsultasi Dosen dan Mahasiswa,
  4. Perpustakaan dan buku referensi Perpustakaan,
  5. Network area/hotspot,
  6. Klinik UHAMKA,
  7. Ruang Puskakes dan Jurnal,
  8. Ruang Dosen,
  9. Ruang Laktasi/menyusui,
  10. Ruang Beribadah/musholla,
  11. Dapur/pantry,
  12. Toilet karyawan/mahasiswa/dosen, dan
  13. Laboratrium Kesmas Terpadu (Komputer Statistik,K3 dan Kesehatan Lingkungan, serta Simulasi Akutansi Rumah Sakit).


Fasilitas-fasilitas yang disediakan terutama ruang-ruang praktek seperti laboratorium sudah dilengkapi dengan peralatan penunjang aktifitas yang memadai, fasilitas ini juga terus di update sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi dibidang ilmu kesehatan, sehingga mahasiswa dapat langsung menggunakan alat tersebut dan terbiasa untuk mengoperasikannya secara professional.

Reponsive Ads