Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Fakultas Teknik UHAMKA, Pilihan Milenial Cerdas

Gedung FT UHAMKA di Jalan Tanah Merdeka, Jakarta Timur. Foto : Berita24/Fahrullah Berita24.com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Muha...

Gedung FT UHAMKA di Jalan Tanah Merdeka, Jakarta Timur. Foto : Berita24/Fahrullah
Berita24.com - Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Prof Dr. HAMKA (UHAMKA) memiliki tujuan untuk menciptakan lulusan Sarjana Teknik yang tidak hanya ahli dibidang Teknik baik Informatika, Elektro, dan Mesin, tapi juga memiliki akhlak Islam yang baik. Ini menjadikan FT UHAMKA menjadi pilihan terbaik untuk generasi milenial, ditengah kemajuan dibidang industri dan teknologi yang membutuhkan banyak tenaga kerja professional yang memiliki akhlaqul karimah.
 
Tujuan ini sejalan dengan visi yang mereka miliki yaitu, “Menjadi Fakultas yang terbaik dalam menghasilkan lulusan teknik yang unggul pada kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial di wilayah Jakarta pada tahun 2020.”

Fakultas Teknik juga telah merintis kerjasama dengan berbagai instansi/lembaga, baik lembaga pemerintahan maupun swasta dengan perguruan tinggi di luar negeri, seperti Universitas Kebangsaan Malaysia, Price of Songklah University Thailand, Yala Islamic University Thailand, LIPI, BATAN BPPT, Mercy, SKF Bearing, HONDA Motor dan Toyota dalam rengka penyusunan Skripsi, Kerja Praktek dan Workshop serta pelatihan pengembangan kemampuan akademik dan wawasan keilmuan.

PROGRAM STUDI FT UHAMKA

“Masing-masing Program Studi ini memiliki keunggulan yang tentunya sudah kami persiapkan melalui kurikulum yang berkompeten,” kata Dekan Fakultas Teknik UHAMKA, Dr. Sugema, S.T., M.Kom

Program studi yang dimiliki FT UHAMKA antara lain :

1. Program Studi Teknik Informatika
Prodi Teknik Informatika mempelajari prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak dan kinerja komputer.

2. Program Studi Teknik Elektro
Jurusan teknik elektro diharapkan mampu merancang dan menciptakan alat alat yang akan digunakan untuk konfersi energy, keamanan bangunan, produksi skala besar dan terotomatisasi, berskala berat atau kendaran industry, bahkan membuat Robot.

3. Program Studi Teknik Mesin
Program Studi Teknik Mesin bertujuan untuk menciptakan lulusan yang memiliki pengetahuan dasar tentang teknik mesin yang kuat, sehingga mampu merancang, membuat, menggunakan dan mengelola mesin dari sistem yang berkaitan permesinan atau otomotif. Prodi ini memiliki 2 peminatan, yaitu Manufaktur dan Konfersi Energi. Program studi Teknik mesin juga memiliki Laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang menunjang untuk kedua peminatan tersebut.

Aktifitas mahasiswa FT UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA
FASILITAS FT UHAMKA

Tentu saja visi dan tujuan FT UHAMKA untuk menciptakan lulusan unggul didukung dengan ketersediaan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang disediakan FT UHAMKA ini bertujuan untuk mendukung kegiatan belajar mahasiswa dan untuk mengembangkan hard skill dan soft skill yang dimiliki mahasiswa. Fasilitas yang disediakan oleh Fakultas Teknik UHAMKA cukup lengkap, yakni:
  1. Tanah dan Gedung milik sendiri,
  2. Perpustakaan digital
  3. Laboratorium Jaringan,
  4. Laboratorium Multimedia,
  5. Laboratorium Komputer dasar,
  6. Laboratorium Elektro dasar,
  7. Laboratorium Elektronika,
  8. Laboratorium Telekomunikasi,
  9. Laboratorium Gambar Mesin,
  10. Laboratorium Otomotif,
  11. Laboratorium Prestasi Mesin,
  12. Laboratorium Metalurgi Fisik,
  13. Laboratorium Uji Tarik,
  14. Laboratorium Fenomena dasar,
  15. Asrama Mahasiswa,
  16. Graha Mahasiswa,
  17. ATM,
  18. Ruang Kuliah Full AC,
  19. Free Wifi.
Penyediaan fasilitas ini terbukti menghasilkan prestasi mahasiswa yang mengagumkan, salah satunya adalah prestasi Tim Robot UROTA yang sudah mengikuti seleksi Lomba Robot tingkat Regional sampai Nasional.

“Mari bergabung dengan Fakultas Teknik UHAMKA yang mencerahkan, mencerdaskan, dan berkemajuan!” tutup Sugema.

Reponsive Ads