Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Fakultas Psikologi UHAMKA Maju Untuk Integrasikan Psikologi dan Islam

Dosen Psikologi sedang menjelaskan tentang konsep Psikologi Islami ke mahasiswa Psikologi UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA Berita24.com - I...

Dosen Psikologi sedang menjelaskan tentang konsep Psikologi Islami ke mahasiswa Psikologi UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA
Berita24.com - Ilmu Psikologi adalah disiplin ilmu yan mempelajari mental, pikiran dan perilaku manusia dengan meneliti alur pemikiran dan alasan dibalik perilaku tersebut. Ilmu Psikologi kini menjadi jawaban dari hiruk-pikuknya masalah sosial yang beragam di masa perkembangan zaman ini, tenaga professional dibidang psikologi menjadi sangat dibutuhkan baik di bidang pendidikan maupun sebagai Psikiater atau konsultan SDM untuk lembaga swasta atau pemerintahaan yang bergerak di bidang sosial maupun industri dan organisasi. 

Pengintegrasian ilmu psikologi dengan al Islam menjadi kolaborasi yang sangat baik untuk menjawab kompleksnya masalah ini. Fakultas Psikologi UHAMKA menawarkan pendidikan ilmu Psikologi yang mengintegrasikan dengan baik Ilmu Psikologi dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan. Maka Fakultas Psikologi UHAMKA bertujuan mengedepankan nilai – nilai islam yang menjadi nilai yang diunggulkan baik dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian maupun pengelolaan fakultas.

Visi-Misi Fakultas Psikologi UHAMKA
“Fakultas Psikologi yang utama dalam mengitegrasikan psikologi dengan nilai Islam dan menghasilakan lulusan yang unggul secara spiritual, intelektual, emosional dan sosial”.
Dengan visi yang sangat baik, Fakultas Psikologi UHAMKA menciptakan lulusan sarjana Psikologi yang tidak hanya cerdas secara pemikiran, namun juga unggul dalam spiritual, emosional dan kehidupan sosial kemasyarakatan. Semua aspek dalam visi ini juga dilekatkan dengan nilai-nilai Islam Kemuhammadiyahan yang membuat lulusan fakultas ini lebih baik lagi.
Mahassiswa Psikologi UHAMKA. Foto : Dok. UHAMKA
Untuk mewujudkan visinya, Fakultas Psikologi merancang beberapa misi antara lain :
  1. Membangun suasana akademik yang mendorong terciptanya lulusan yang unggul
  2. Memfasilitasi pengembangan ilmu psikologi yang beritengrasi dengan nilai Islam melalui penelitian.
  3. Menerapkan ilmu psikologi yang berintegrasi dengan nilai Islam dalam pengabdian terhadap masyarakat.
  4. Membangun pengolahan Fakultas yang baik(good governance) dalam rangka meningkatkan mutu SDM Pengelola.
  5. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Visi dan Misi yang dimiliki Fakultas Psikologi UHAMKA ini,didukung dengan system pembelajaran dengan pendekatan Student Learning Center, dengan tujuan agar mahasiswa dapat menggabungkan dengan baik teori dan praktek yang telah mereka pelajari. Sistem ini juga memungkinkan mahasiswa untuk terus mengasah skill dan kompetensi mereka dibidang Psikologi.
Kompetensi lulusan menjadi hal yang sangat diperhatikan baik dari orientasi keilmuannya atau hard skill dan keterampilan atau soft skill. Keterampilan dan pribadi yang baik menjadikan lulusan Fakultas Psikologi UHAMKA berguna baik dimasa kini hingga yang akan datang.
Prestasi 
Fakultas Psikologi UHAMKA banyak memiliki mahasiswa berprestasi. Salah satunya adalah Sri Mulyani Zumrotin yang menjadi None Buku Persahabatan Jakarta Utara tahun 2019. “Perkenalkan, nama ku Sri Mulyani Zumrotin, biasa dipanggil Zum. Saat ini, aku sedang menjadi mahasiswi semester akhir di Fakultas Psikologi UHAMKA. Banyak pengalaman yang ku lalui dan membawa ku hingga ke titik ini, menjadi none buku persahabatan Jakarta Utara 2019,” papar Zum.
Kegiatan Enterpreneur Fakultas
Menjadi seorang Enterpreneur atau wiraswasta juga menjadi titik fokus lulusan Fakultas Psikologi UHAMKA. Mahasiswa dikenalkan dengan dunia Wirausaha dengan kegiatan-kegiatan yang berbau wirausaha. Salah satu kegiatannya adalah yang diselenggarakan adalah event oleh PK Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Psikologi UHAMKA yang bertajuk UHAMKA Enterpreneur Festival (UP FEST) dengan tema Urban Escape Digital. Kegiatan ini menyelenggarakan Talkshow yang membahas dunia Enterpreneur yang dibawakan oleh orang-orang yag sudah sukses tentu saja dibidang Enterpreneur. Selain Talkshow, ada juga seminar dan pameran yang akan membuat kegiatan ini lebih menarik dan menyenangkan.
Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa Fakultas Ilmu Psikologi ini mengenal dunia Enterpreneur dan ketika lulus dari UHAMKA dapat menjadi seorang wirausaha yang sukses dan membanggakan, tak hanya untuk almamater UHAMKA tapi juga membanggakan Bangsa dan Negara.
 

Reponsive Ads