Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Gelombang Protes di Irak Tuntut Usir Pasukan Amerika

Massa aksi di Baghdad, Irak. Foto: Reuters Berita24.com – Puluhan ribu warga Irak berunjuk rasa di Kota Baghdad Tengah untuk menyeru...

Massa aksi di Baghdad, Irak. Foto: Reuters

Berita24.com – Puluhan ribu warga Irak berunjuk rasa di Kota Baghdad Tengah untuk menyerukan pengusiran tentara Amerika Serikat (AS) dari wilayah Irak, Jumat (24/1), dilansir Reuters.

Gelombang protes sudah terjadi sejak beberapa hari sebelumnya hingga menuai kericuhan. Setelah itu, gelombang sedikit mereda hingga menguat lagi pada Jumat, setelah seruan ulama yang membakar semangat warga untuk menyatukan suara.

Orang-orang banyak berkumpul pada Jumat pagi di Al-Hurriya Square dekat universitas utama Baghdad. 

Akan tetapi, lagi-lagi aksi tersebut diwarnai kericuhan hingga mengakibatkan dua pengunjuk rasa tewas dan 25 lainnya luka-luka. Sementara tiga warga negara Prancis dan satu warga Irak yang bekerja untuk badan amal SOS Chretiens d'Orient, dilaporkan hilang di Baghdad.

“Kami ingin mereka semua keluar - Amerika, Israel, dan politisi korup di pemerintahan,” ujar Raed Abu Zahra, seorang pekerja kesehatan dari Samawa selatan, yang datang dengan bus ke Baghdad dan tinggal di Kota Sadr untuk mengikuti aksi protes.

Aksi protes oleh warga Irak selama sepekan terakhir tersebut, dilakukan sebagai reaksi atas kasus yang terjadi di negara tetangga mereka yakni Iran, atas terbunuhnya jenderal militer Iran, Qassem Soleimani oleh Amerika Serikat.

Reponsive Ads