Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Sri Mulyani Harap Kebijakan Nadiem Dapat Dorong Kegiatan Pendidikan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : instagram @smindrawati Berita24.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menunggu ...


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto : instagram @smindrawati

Berita24.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menunggu Kebijakan dalam memanfaatkan dana pendidikan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim. Dana pendidikan tahun depan, yakni lewat alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik sebesar Rp 130,28 triliun atau meningkat sebesar 4,6%.

Dimana, DAK nonfisik tersebut diperuntukkan untuk mendorong kegiatan pendidikan dan kesehatan. Sri Mulyani harap Nadiem dapat membelanjakan dana itu secara efektif.

Dilansir dari Katadata.co.id, Sri Mulyani mengatakan Nadiem bisa berkoordinasi dengan pimpinan pemerintah daerah sehingga alokasi DAK nonfisik tersebut lebih efektif serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurutnya, kualitas Sumber Daya Manusia tak terlepas dari adanya peran pendidikan. Selain itu, karakter serta etos kerja yang baik juga dibutuhkan dalam memajukan Indonesia.

Hal tersebut, karena DAK adalah salah satu kewajiban pemerintah pusat kepada daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi fiskal. Dimana, DAK memiliki karakteristik tersendiri, yakni karakteristik Specific Grants, artinya dana transfer DAK mempunyai tujuan khusus yang digunakan untuk mendanai kegiatan yang menjadi prioritas nasional dan hal itu menjadi urusan daerah.

Selain itu, DAK nonfisik diantaranya terdiri dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Tunjangan Profesi Guru Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD), serta Dana Tambahan Penghasilan Guru PNSD.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Iklan Halaman Depan