Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Mentan Nilai Pentingnya Pengembangan SDM Untuk Sektor Pertanian

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto : instagram @mydsa_official Berita24.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menilai pe...

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto : instagram @mydsa_official

Berita24.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menilai pentingnya pengembangan sumber daya manusia yakni untuk mengoptimalisasi sektor pertanian ke depannya. Sebab, sektor pertanian adalah sektor yang paling menjanjikan dengan akses pasar yang telah terbuka luas.

Dilansir dari Republika.co.id, Syahrul menjelaskan, seharusnya pembangunan SDM lebih mengacu kepada kebijakan strategis untuk jangka panjang. Kebijakan tersebut seperti merampungkan single data dengan mengoptimalkan sistem IT, dimana hal itu penting dilakukan untuk mengawasi setiap pergerakan pertanian di tiap daerah.

Menurutnya,dengan dukungan IT penggunaan data diharapkan dapat mendeteksi semua persoalan pertanian di Indonesia. Selain itu, pemerintah juga lebih mudah menghitungkan kapan waktu tanam dan panen.

Selain itu, kebijakan lain yang akan dikeluarkan adalah menguatkan peran pemangku daerah melalui program Komando Strategis Pertanian (Kostra Tani). Program tersebut nantinya akan menghidupkan semua unit Balai Penyuluhan Pertanian di tiap kecamatan dengan memaksimalkan peran penyuluh.

Ia menambahkan, ke depannya program Kostra Tani juga dirancang untuk mengikat tanggungjawab masing-masing stakeholder secara merata.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani

Reponsive Ads